Petugas Tol Bakal Patroli 24 Jam Ketika Mudik

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita

Rabu 07 Jun 2017 07:47 WIB

Direktur Teknik dan Operasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Sunarto Sastrowiyoto saat ditemui oleh tim REPUBLIKA di ruang kerjannya di Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa (6/6). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Direktur Teknik dan Operasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Sunarto Sastrowiyoto saat ditemui oleh tim REPUBLIKA di ruang kerjannya di Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa (6/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWACI -- Petugas tol Tangerang-Merak akan melakukan patroli selama 24 jam pada musim mudik tahun ini. PT Marga Mandalasakti (MMS) yang sekarang memiliki brand dengan nama ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak menyiapkan tujuh kendaraan armada pelayanan lalu lintas jalan tol dan tiga unit armada petugas keamanan dan ketertiban akan terus berpatroli.

"Kendaraan pelayanan dan petugas keamanan ketertiban itu terus berpatroli di sepanjang jalan Tol Tangerang-Merak setiap hari selama 24 jam," Direktur Teknik dan Operasi ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Sunarto Sastrowiyoto kepada Republika, Selasa (6/6).

Sunarto juga menjelaskan, untuk melengkapi layanan lalu lintas, MMS akan menyiagakan 14 unit mobil derek, empat ambulans, dua mobil rescue dan satu truk rescue. Kelengkapan jalan tol lainnya, yaitu 77 unit lampu peringatan, 1.666 unit lampu penerangan jalan umum, dan 45 unit kamera CCTV. 

Kelengkapan ini berguna untuk antisipasi dan meningkatkan kesiagaan pengendara. "Tentunya, fasilitas tersebut bisa menambah rasa aman bagi pengguna jalan. CCTV itu memonitor kondisi lalu libtas di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak," kata Sunarto.

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga meningkatkan pelayanan informasi dan perambuan di jalan Tol Tangerang-Merak juga ditingkatkan. Sunarto menyebutkan, ada penambahan 13 unit Variable Message Sign (VMS) atau papan elektronik. 

"VMS ini berisi imbauan keselamatan dan informasi lalu lintas Tol Tangerang-Merak," ujar Sunarto.

Dalam menunjang jalur mudik lebaran 2017, jalan Tol Tangerang-Merak akan bebas dari pekerjaan konstruksi, mulai dari 10 hari menjelang dan setelah lebaran. 

"Saat ini, kami sedang melakukan peningkatan kualitas jalan dan pelebaran Ruas Bitung-Cikupa. Tapi, menjelang lebaran nanti dipastikan pekerjaan tersebut dihentikan sementara," kata dia.

Sunarto menambahkan, para pengguna tol dapat menghubungi call center MMS di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79 jika memerlukan informasi dan bantuan. Selain itu, bisa juga melalui akun twitter PT MMS di @tol_mms.

"Nomor yang pertama itu bebas pulsa, ya. Lebih cepat lewat telepon kalau mau bertanya informasi karena bisa langsung berbicara," ujar Sunarto.

Terpopuler