Buku Hadis Bukhari Muslim Paling Dicari

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto

Selasa 06 Jun 2017 19:46 WIB

warga melihat koleksi buku yang dijual di Ballroom, Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (27\5). Foto: Tahta Aidilla/Republika warga melihat koleksi buku yang dijual di Ballroom, Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (27\5).

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Bazar buku Islami Pesona Khazanah Ramadhan (PKR) di Ballroom Masjid Hubbul Wathan ramai dipadati pengunjung. Buku kumpulan hadis Bukhari Muslim jadi buku yang paling banyak dicari.

Penanggung jawab Bazar Buku Islami Pesona Khazanah Ramadhan, Sachwalludin Saputra mengatakan, buku kumpulan hadis Bukhari Muslim jadi buku yang paling banyak dicari. Bersama buku Cahaya Alquran dan Sejarah Ibadah, buku hadis Bukhari Muslim bahkan harus disetok ulang.

"Tiga buku itu masing-masing sekitar 150 eksemplar dan sudah habis semua. Kami sedang kirim ulang ke sini," kata Sachwalludin, Selasa (6/6).

Buku agama seperti Aku Cermin Shalatku, Jihad dan Islam, Doa Ajaran Allah dan Rasul sudah hampir habis dalam bazar. Paket buku agama seperti Ihya Ulumuddin, dan buku fiqih pemikiran Islam juga belum terlalu disambut antusias.

Pengunjung lebih memilih membeli satuan seperti al-Umm karya Imam Syafii. Pun buku karya HAMKA yang banyak dikenal tapi belum ramai dicari. "Tasawuf Moderen HAMKA itu termasuk yang ramai dibeli. Kami sudah dua kali keluarkan dari penyimpanan," kata Sachwalludin.

Dibanding buku agama, minat pengunjung terhadap novel tak begitu tinggi. Alquran termasuk buku yang banyak juga dicari. Sejauh ini, sudah sekitar 30 eksemplar Alquran yang dibeli pengunjung. Rentang harga Alquran di bazar antara Rp 40 ribu sampai Rp 150 ribuan.

"Sebanyak 75 persen pengunjung cari buku murah. Rentang harga di bazar buku sendiri antara Rp 2.500 hingga Rp 2,6 juta," ujarnya.

Ada 12 penerbit yant terlibat di Bazar Buku Islami Pesona Khazanah Ramadhan ini yakni Penerbit Diva, Agro, Ghuraba, Dzikrul, Republika Penerbit, Bentang, Kautsar, RMM, Mizan, Luxima, GIP, dan Cipta Putra Bangsa.

Terpopuler