Jalur Alternatif dan Tempat Penitipan Kendaraan Menuju Merak

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ilham

Selasa 06 Jun 2017 17:29 WIB

Gerbang Tol Merak (ilustrasi) Foto: www.my.opera.com Gerbang Tol Merak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Jalur alternatif disiapkan kepolisian apabila terjadi kendala di jalan tol pada saat mudik lebaran. Selain itu, pengendara kendaraan bermotor dapat menitipkan kendaraannya di kantor polisi apabila merasa perlu untuk dititipkan.

"Jalur alternatifnya itu akan diarahkan ke jalur arteri. Jika terjadi kepadatan, para pemudik di jalan tol akan diarahkan untuk keluar melalui gerbang tol sebelum Gerbang Tol Merak," jelas Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo setelah meninjau jalur mudik di kawasan Merak, Banten, Senin (5/6), malam.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jalur arteri yang Listyo maksud berarti para pengguna jalan tol menuju Merak bisa masuk ke Kota Cilegon terlebih dahulu. Baru setelah itu diarahkan ke Merak.

"Nanti akan diarahkan masuk ke Merak. Jadi, tidak harus keluar di Gerbang Tol Merak untuk sampai ke pelabuhan. Ada jalur-jalur lain yang kita siapkan dan tentu ada petugas yang akan mengarahkan di sana," kata Listyo.

Terkait keamanan masyarakat yang menggunakan jalur non-tol, Listyo mengatakan akan membantu mengamankan kendaraan mereka. Kantor-kantor polisi yang ada di wilayahnya siap untuk dititipkan kendaraan. Sehingga, masyarakat yang ingin beristirahat atau meninggalkan motor merasa aman.

"Kalau memang masyarakat merasa perlu untuk menitipkan kendaraan, kami siap membantu mengamankan. Kami siapkan Poksek, Polres, dan Pos Pengamanan yang ada untuk penitipan motor," ujar dia.

Selain itu, Listyo juga menyebutkan, pihaknya akan memberikan layanan informasi melalui aplikasi bernama Banten Bersatu. Masyarakat yang pulang kamlung melalui wilayah Banten dapat memantau informasi di aplikasi tersebut.

"Mulai dari CCTV hingga info-info kemacetan akan ada di sana. Termasuk pom bensin dan tempat istirahat," kata dia.

Terpopuler