Komunitas Muslim dan Latin Buka Puasa dengan Taco

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko

Selasa 06 Jun 2017 17:13 WIB

Muslim Latin (ilustrasi) Foto: www.latinodawah.org Muslim Latin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ORANGE COUNTY -- Aktivis Rida Hamida dan Ben Vazquez menemukan cara untuk mempersatukan komunitas Muslim dan Latin di Amerika. Mereka membuat acara berbuka puasa dengan makan taco.

Setelah seharian bepuasa, sejumlah komunitas Muslim lokal bergabung dengan komunitas Latina untuk menikmati taco. Makanan ini disajikan dari Taco Trucks. Sabtu kemarin, taco truck singgah di Every Mosque, Islamic Center of Santa Ana.

Penyelenggara acara bertujuan menunjukkan Islam yang sebenarnya dengan berbagi makanan. Muslim dan Latina sama-sama menghadapi disriminasi di masa Donald Trump. Sehingga kedua komunitas ini bisa lebih berbaur dan saling mengenal.

Penyelenggara mengundang dua komunitas untuk duduk bersama, berbincang sambil menunggu matahari terbenam. "Ramadhan adalah waktu yang tepat, tujuannya untuk berbagi, membangun karakter, juga memperkaya jiwa, jadi kita belajar satu sama lain," kata Hamida dilansir LA Times.

Penyelenggara punya tujuan untuk membawa food truck taco halal itu ke setiap masjid di Orange County. Hingga saat ini, lebih dari 400 orang sudah ikut bergabung.

Hamida dan Vazquez berharap kampanye ini bisa meredam sentimen anti-Muslim. Makanan taco sendiri dipilih karena merupakan salah satu yang khas di wilayah. Makanan ini bisa jadi jembatan untuk menghilangkan stigma negatif.

Terpopuler