Komunitas Ifthor Rangers Bandung Berbagi Makanan Berbuka

Red: Agus Yulianto

Selasa 06 Jun 2017 15:19 WIB

Masyarakat menyantap takjil saat berbuka puasa di Masjid Raya Agung Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung (Ilustrasi) Foto: Mahmud Muhyidin Masyarakat menyantap takjil saat berbuka puasa di Masjid Raya Agung Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mahasiswa dan masyarakat Bandung yang tergabung dalam Komunitas Ifthor Rangers, berhasil membagikan lebih dari 23 ribu paket makanan berbuka ke masjid-masjid di 27 kecamatan se-Bandung Raya. Menurut Ketua Ifthor Rangers Agis Nurcholis, kesuksesan ini, bersumber dari niat ikhlas masing-masing anggota.

“Ifthor Rangers adalah sarana untuk mewadahi keinginan menyalurkan makanan berbuka. Jika ada niat baik, tapi tidak memiliki banyak harta, dengan berperan sebagai Ifthor Rangers, sudah termasuk bagian dari memberi makanan berbuka. Ifthor Rangers kini menjadi squad yang dirindukan karena anak-anak kecil dan para jamaah senantiasa menunggu kedatangan mereka, sambil membawa makan berbuka,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (7/6).

Memberi makan orang berpuasa memang salah satu amalan yang bermakna tinggi bagi seorang Muslim. Karena dalam hadist shahih, dikatakan bahwa orang yang memberi makan orang yang berpuasa, akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang tengah shaum tersebut.

Puluhan ribu makanan berbuka yang dibagikan sendiri berasal dari infak masyarakat Bandung, yang disalurkan melalui portal daring (online) berbagibuka.com. Berbagibuka.com merupakan terobosan aksi sosial, yang memanfaatkan konsep penggalangan dana berbasis portal daring. Lewat berbagibuka.com, donatur dapat memilih sendiri pilihan makanan berbuka untuk disalurkan. Nantinya, makanan akan disalurkan ke ratusan masjid mitra yang tersebar di wilayah Bandung Raya.

Inisiator program M. Kamal Muzakki mengatakan, program ini adalah wujud upaya bersama dalam memakmurkan kegiatan masjid-masjid di Bandung. “Ini untuk menumbuhkan rasa berbagi, sekaligus menyemarakkan masjid. Dengan begitu, masyarakat menjadi semangat berbondong-bondong ke masjid,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Amal Salman tersebut.

Hingga kini, dia menilai, animo masyarakat cukup tinggi. Ia menargetkan program berbagibuka.com mampu menghimpun hingga 75 ribu paket makanan berbuka senilai Rp 1,1 milar, sampai akhir bulan Ramadhan. “Insya Allah, saya yakin. Di momen Ramadhan ini, banyak orang memiliki niat yang baik,” pungkasnya.

Terpopuler