“Selamat Lebaran, Mama, Papa, Maafkan Aku Ya…”

Red: Irwan Kelana

Selasa 06 Jun 2017 11:52 WIB

Para siswa KB/TK Bina Insani berlatih menghapal surat-surat pendek dalam Alquran. Foto: Dok SBBI Para siswa KB/TK Bina Insani berlatih menghapal surat-surat pendek dalam Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) Bogor menggelar Program Intensif Ramadhan (Pinter). Pinter tersebut dilaksanakan oleh masing-masing unit di lingkungan SBBI, yakni TK, SD, SMP dan SMA.

Pinter untuk unit TK Bina Insani dilaksanakan 5-7 Juni 2017. “Inti kegiatan Pinter KB/TK Bina Insani adalah pembiasaan ibadah sehari-hari, seperti shalat Dhuha, hapalan surat-surat pendek dalam Alquran, Asmaul Husna dan shalawat,” kata Kepala TK Bina Insani Femy Balti, Selasa (6/6).

Femy menambahkan, rangkaian kegiatan di atas dilaksanakan pada pukul 08.00-09.00. Setelah itu, barulah kegiatan lanjutan. Hari Senin (5/6) diisi dengan  kreativitas kartu ucapan selamat Idul Fitri dan mewarnai.  “Para siswa menuliskan ucapan selamat Idul Fitri dengan kreasinya masing-masing,” tutur Femy.

Tulisan tangan siswa KB/TK itu menarik dan mengharukan. “Ada yang menggambar masjid, kemudian menuliskan ucapan ‘Selamat Lebaran Mama, Papa, Maafkan Aku Ya …’,” ujar Femy.

Hari Selasa (6/6), kegiatan Pinter diisi dengan  kreativitas menggambar suasana Lebaran dan latihan untuk penampilan keesokan hari. Latihan tersebut berupa menyanyikan lagu-lagu Islam, surat-surat pendek dalam Alquran, doa dan shalawat.

Hari terakhir Pinter, Rabu (7/6) disii dengan penampilan siswa berupa lagfu-lagu Islam, hapalan surat-surat pendek, shalawat dan doa. “Puncak acara Pinter adalah pemberian santunan kepada para anak yatim dan dhuafa. Hal ini sebagai latihan bagi siswa agar menjadi Muslim yang giat bersedekah,” tutur Femy.

Terkait acara santunan tersebut, kata Femy, para siswa sudah mengumpulkan sembako yang dikemas menjadi 150 paket. Santunan tersebut terutama kepada siswa yatim dan dhuafa dari SDN Kukuku Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.  “Selain itu, santunan juga diberikan kepada karyawan internal SBBI, yakni bagian sekuriti dan office boy,” ujarnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Manajer Islamic Studies SBBI Ustadz Dr Sudrajat MPdI mengemukakan,   Pinter SD Bina Insani akan diadakan pada  tanggal 8-9 Juni 2017. “Selain kajian Islam, juga ada baksos dan pengumpulan serta penyaluran zakat fitrah,” kata Sudrajat.

Pinter SMP tanggal 12-14 Juni 2017, sedangkan Pinter SMA tanggal 12-13 Juni 2017. “Selain kajian Islam, Pinter SMP dan SMA juga dilengkapi dengan fun game, lomba Islami, baksos dan bermalam di posko masing-masing unit,” papar Sudrajat.

Sudrajat mengemukakan, Pinter tersebut bertujuan untuk melatih siswa agar  lebih dekat kepada Allah  melalui program kajian Islam, dan program berbagi kepada sesama. “Jadi, teorinya ada, praktiknya pun ada, sehingga siswa lebih mampu mendekatkan diri kepada Allah,” ujarnya.

Selain itu, melatih sikap kebersamaan. “Tidak kalah pentingnya, melatih kerja sama di antara para siswa,”  kata Sudrajat.

Direktur Pendidikan SBBI Sudirman menambahkan, secara keseluruhan Pinter bertujuan meningkatkan kecerdasan  jamak (multiple intellegency) siswa. “Terutama kecerdasan  spiritual,” ujar Sudirman.

Mengutip seorang pakar psikologi perkembangan yang bernama Howard Gardner,  Sudirman menyebutkan, ada sembilan kecerdasan jamak. Dimulai dari kecerdasan bahasa, kecerdasan musik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan spasial (ruang), kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan interpersonal. “Selain itu, kecerdasan natural, kecerdasan eksistensial dan yang paling tinggi adalah kecerdasan spiritual,” papar Sudirman.

Terpopuler