LAZ Al Azhar Edukasi Bisnis Syariah di Mal

Red: Irwan Kelana

Senin 05 Jun 2017 21:19 WIB

LAZ Al Azhar mengedukasi pengunjung mal tentang bisnis syariah. Foto: Dok LAZ Al Azhar LAZ Al Azhar mengedukasi pengunjung mal tentang bisnis syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat (LAZ)  Al Azhar menggelar acara IG Talks (Indonesia Gemilang Talks) perdana  Ramadhan 1438 H, Ahad (4/6)  di FX Sudirman, Jakarta. Talk show yang mengangkat tema "Berkah Berniaga"  tersebut menampilkan tiga  sosok inspiratif.

 

Mereka adalah Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar  Sigit Iko Sugondo, pendiri marketplace jalanhalal.com Budi Negoro dan Direktur Wakaf Al Azhar Nanda Putera.

Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Sigit Iko Sugondo mengawali talk show dengan menceritakan kisah Tsa’labah yang ketika susah ia berniat bersedekah, tapi setelah hartanya melimpah ruah ia lupa ibadah sehingga ia kembali jatuh miskin akibat kekikirannya.

“Berapa banyak di antara manusia yang telah diperingatkan Allah akan kenikmatan yang diberikan kepada mereka, tapi mereka tetap keras hati, tidak menerima perintah Allah. Islam memerintahkan untuk membersihkan harta yang kita miliki dengan sedekah dan zakat. Betapa kita sombong dengan apa yang kita miliki, kita merasa bahwa semua harta yang kita dapatkan adalah milik kita,”  ujar Sigit dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (5/6).

Pendiri jalanhalal.com  Budi Negoro   menjelaskan,  dalam menjalankan bisnis syariah harus ada ilmunya dan jangan berhenti belajar meski usia sudah tidak muda. “Selain itu,  untuk menjaga keberkahan setiap penghasilan dari usaha harus disalurkan zakat dan sedekahnya,” papar  Budi kepada para pengunjung FX Sudirman yang memadati panggung utama di lantai 3.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab seputar bisnis syariah. Para pengunjung tampak begitu antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tips tentang membangun bisnis yang tak hanya sukses dunia, tapi  juga sukses di akhirat.

Talk show yang  diiringi oleh MAIN Band itu  ditutup dengan buka puasa bersama. “IG Talks selanjutnya akan hadir pada hari Sabtu (10/6) di Plaza Semanggi Jakarta dengan menghadirkan para pengusaha syariah lainnya,” tutur Sigit Iko Sugondo.