Rayakan Pesona Ramadhan RPK dengan Anak Pemulung

Rep: mgrol96/ Red: Agus Yulianto

Senin 05 Jun 2017 13:44 WIB

Suasana saat Bapak Drs. Khafsin, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cilandak sedang memberikan semangat dan masukan dalam menuntut ilmu kepada adik-adik. Foto: Foto : MgRol_96 Suasana saat Bapak Drs. Khafsin, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cilandak sedang memberikan semangat dan masukan dalam menuntut ilmu kepada adik-adik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, komunitas Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK) mengadakan acara bertema “Pesona Ramadhan.” RPK adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Komunitas ini ingin membantu pengajaran mengaji dan belajar untuk anak-anak kaum marginal. Baik yang ada di Lapak Pemulung Pondok Labu dan juga Pemukiman di Margasatwa, Cilandak.

Selain kegiatan pengajaran untuk anak-anak, adapula kegiatan di Panti Sosial Tresna Werdha. Pembina RPK,  Dzurrotun Ghola, yang juga Penyuluh Fungsional Kementrian Agama Jakarta Selatan turut melakukan kegiatan rutin di panti sosial dengan mengajar ngaji untuk kaum lansia.

Ketua pelaksana kegiatan RPK Rizka Fauziah mengatakan, maksud diadakannya acara Pesona Ramadhan ini untuk menambah ilmu serta meningkatkan keimanan untuk adik-adik di lapak. Dengan diadakannya acara pesantren kilat seperti tadarus Alquran, kajian Islam serta menonton film Islami, kemampuan adik-adik akan terus bertambah dan tetap seimbang antara ilmu yang umum maupun ilmu tentang keimanan.

“Alhamdulillah adik-adik excited, nggak capek dan nggak ngeluh. Kakak-kakak panitianya seru semua. Sehingga acara hari ini berjalan dengan baik” tutur Rizka.

Pesona Ramadhan tidak hanya dilakukan pada Ahad (4/6) saja, namun ada kegiatan lanjutan pada Sabtu (10/6) bertempat di pemukiman daerah Margasatwa, Cilandak. Kemudian, di Ahad (11/6) akan ada Buka Puasa Bersama di Panti Sosial Tresna Werdha, Gandaria Selatan.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Kepala KUA Kecamatan Cilandak, Khafsin, serta kakak-kakak mahasiswa dari Universitas Al Azhar dan juga para donatur lainnya. Rencana dan harapannya akan ada Pembagian THR untuk adik-adik lapak pemulung dan ada pembagian sembako untuk ibu-ibu di pemukiman lapak pada tanggal 10 dan 11 Juni nanti.

Terpopuler