Pelebaran Tol Tangerang-Merak Rampung Sebelum Lebaran

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita

Senin 05 Jun 2017 13:39 WIB

Pekerja memperbaiki jalan yang rusak di jalan tol Tangerang-Merak, Balaraja, Banten, Ahad (4/6). Perbaikan jalan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna jalan saat arus mudik Idul Fitri 2017. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Pekerja memperbaiki jalan yang rusak di jalan tol Tangerang-Merak, Balaraja, Banten, Ahad (4/6). Perbaikan jalan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna jalan saat arus mudik Idul Fitri 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pelebaran jalan tol Tangerang-Merak bakal rampung sebelum Lebaran mendatang. PT Marga Mandalasakti melebarkan ruas jalan tol untuk menambah daya tampung volume kendaraan, terutama pada arus mudik Idul Fitri 1438 H. 

Pelebaran jalan dilakukan pada ruas Bitung-Cikupa. "Ini dilebarin tujuh meter ke samping. Kalau yang di dekat gerbang tol Cikupa itu di bagian tengahnya. Supaya nampung volume kendaraan pas mudik nanti," ujar salah seorang petugas pelebaran jalan, Temon (26), kepada Republika, Ahad (4/6).

Menurut Temon pengerjaan pelebaran jalan itu dilakukan bertahap agar lebih cepat. Pada tahap pertama, pelebaran jalan bagian samping dilakukan lima kilometer sebelum kilometer 26 tol Tangerang-Merak. 

Selanjutnya, pelebaran dilakukan di bagian tengah dan diperkirakan rampung sebelum lebaran. "Posisi ini dipakai untuk jalur mudik, jadi dipercepat. Di tengah, yang depan itu, udah tinggal diaspal sama dipasang pembatas jalan aja," kata dia. 

Tidak hanya pelebaran, pembenahan jalur mudik ke arah Banten dan Sumatra ini juga meliputi perbaikan jalan rusak. "Ini memang rutin dilakukan untuk memperbaiki jalan yang rusak seperti retak atau berlubang," ujar ujar Rokhmat (42), seorang petugas perbaikan jalan tol.

Menjelang mudik Lebaran tahun ini, perbaikan jalan dilakukan mulai dari Pintu Tol Bitung hingga Pintu Tol Merak. "Tiap bulan. Biasanya, pengerjaan perbaikan jalan dimulai pada tanggal 26," kata dia. 

Aji (30), pekerja lain yang sedang melakukan proses pengaspalan, mengatakan perbaikan jalan retak agar tidak semakin rusak. Jika dibiarkan retakan akan membesar dan membuat jalan berlubang. 

"Jalan yang retak ditandai, lalu dibongkar. Ini proses mau diaspal lagi jalannya," kata Aji sembari mengoleskan cairan aspal ke jalan yang diperbaiki.

Terpopuler