Menu Takjil Khas Indonesia Disajikan di Belanda

Rep: Muhyiddin./ Red: Nur Aini

Ahad 04 Jun 2017 20:04 WIB

Kolak (ilustrasi) Foto: Google Kolak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,DEN HAAG -- Tidak sedikit orang Indonesia yang kini menetap di Belanda. Saat momen Bulan Ramadhan, mereka pun kerap berbuka puasa bersama di Masjid Al-Hikmah PS Indonesia-Den Haag, Belanda. Menu berbuka puasa yang disajikan pun berbeda-beda, tak ketinggalan takjil khas Indonesia.

Rais Aam Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda, Kiai Hasyim mengatakan, selama Bulan Ramadhan, orang Indonesia yang berada di Belanda membuat beberapa kegiatan ibadah dan buka bersama.

"Setiap hari menyelenggarakan buka puasa bersama dengan menu khas Indonesia. Untuk takjil, buka dengan kolak, bubur kacang hijau, ketan hitam," ujar kiai Hasyim saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (4/6).

Ia menuturkan, kegiatan buka bersama di masjid yang dibangun oleh pengusaha Indonesia tersebut dikoordinasi oleh panitia Ramadhan masjid Al-Hikmah yang terdiri dari beberapa organisasi, seperti PCINU Belanda, PPME Den Haag, dan Tombo Ati dan Indahnya Sedekah.

"KBRI Den Haag juga menyelenggarakan acara buka bersama masyarakat dan PPI pada tiap hari Jumat, acara ini diprakarsai oleh para diplomat dan paguyuban pegawai setempat KBRI Den Haag, kegiatan ini telah berlangsung puluhan tahun yang lalu," ucapnya.

Setelah melaksanakan acara buka bersama, ratusan umat Islam di Belanda kemudian melaksanakan shalat isya dan shalat tarawih berjamaah di masjid yang dulunya gereja ini.

"Shalat tarawih berjamaah hari kerja (Senin-Jumat) dihadiri sekurang-kurangnya 300 jamaah. Hari libur (Sabtu-Ahad) dihadiri lebih dari 450 jamaah," kata Kiai Hasyim.

Terpopuler