Buah Sehat Selama Bulan Ramadhan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani

Ahad 04 Jun 2017 18:04 WIB

Semangka Foto: flickr Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah-buahan sangat baik untuk nutrisi tubuh selama bulan Ramadhan. Siapa pun disarankan mengonsumsi buah karena kandungan airnya bisa membantu tubuh lebih terhidrasi.

Buah juga fleksibel dikonsumsi baik saat berbuka maupun sahur. Dilansir Fiji Times, semua jenis buah baik dikonsumsi selama Ramadhan. Namun jika lebih selektif ada beberapa buah yang bisa lebih dominan.

1. Semangka

Buah ini berisi 92 persen air. Semangka juga kaya gula alami, magnesium, kalsium, sodium dan potasium. Sehingga semangka jadi buah efektif dan lengkap yang bisa lebih menghidrasi seseorang daripada air biasa.

2. Jeruk

Buah ini memiliki kadar air hingga 87 persen. Rasanya cukup manis dan mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C seseorang. Sehingga seseorang yang bisa berpuasa bisa tetap menjaga kekebalan tubuhnya meski tidak makan dan minum saat siang hari.

3. Anggur

Buah anggur kaya anti antioksida dan menjaga kesehatan jantung. Bentuknya yang kecil memudah konsumsinya sebagai salah satu cemilan paling sehat yang bisa dimakan di sela-sela antara berbuka dan sahur.

4. Nanas

Meski jarang dikonsumsi di luar bulan Ramadhan, buah ini tetap baik dikonsumsi di waktu-waktu sempit setelah makan. Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang punya kekuatan anti-inflamasi. Ia juga membantu makanan terserap lebih sempurna di sistem pencernaan.

Selain buah-buah untuk hidrasi ini, seseorang yang berpuasa disarankan mengonsumsi buah lain. Seperti pisang dan apel. Buah bisa membantu proses metabolisme di dalam tubuh lebih efektif sehingga puasa benar-benar berakhir pada tubuh yang lebih sehat.

Terpopuler