Safari Ramadhan Dumai Prioritaskan Renovasi Masjid

Red: Ani Nursalikah

Jumat 02 Jun 2017 14:38 WIB

Safari Ramadhan Foto: Republika/Raisan Al-Farisi Safari Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI -- Safari Ramadhan 1438 Hijriyah Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, memprioritaskan mendatangi sejumlah rumah ibadah seperti masjid dan musala yang sedang dalam proses pembangunan atau renovasi.

Wali Kota Dumai Zulkifli As dalam keterangannya di Dumai, Jumat (2/6), menyatakan pada safari ramadhan perdana berkunjung ke Mushala Al Muttaqin Jalan Soekarno Hatta Gang Serasi. Sementara itu, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo ke Mushala Nur Haddad Jalan Harapan Kelurahan Purnama.
 
Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo melanjutkan safari ramadhan hari kedua pada Kamis (1/6)di Masjid Raudathul Muttaqin di Jalan Sidorejo Kecamatan Dumai Selatan, dan Wali Kota Zulkifli As di Musalla Al Muslimin di Kelurahan Lubuk Gaung. Kepala Bagian Administrasi Kesra Pemkot Dumai Asnam mengatakan, safari ramadhan ini dipimpin dua kepala daerah dan dibuat secara terpisah dengan rombongan masing masing terdiri dari pejabat daerah dan pimpinan instansi pemerintahan.
 
"Safari sekaligus menyerahkan hibah bantuan rumah ibadah sebesar Rp 12,5 juta kepada masjid dan mushala yang dikunjungi kepala daerah," kata Asnam.
 
Eko Suharjo di Masjid Raudhatul Muttaqin mengawali safari ramadhan dengan berbuka puasa bersama, dilanjutkan shalat magrib, isya serta tarawih secara berjamaah kemudian penyerahan dana Rp 12,5 juta kepada pengurus masjid. Safari ramadhan tahun ini akan memperbanyak kunjungi masjid dan mushala dalam tahap pembangunan dan renovasi agar bantuan diberikan bermanfaat.
 
"Kami akan berusaha mengunjungi rumah ibadah belum pernah tersentuh bantuan, dan meski tidak seberapa tapi diharap bisa bermanfaat untuk kelanjutan pembangunan," kata Eko.
 
Pengurus Masjid Raudhatul Muttaqin Baharudin menyebut, rumah ibadah ini dibangun sejak puluhan tahun silam dan kini sedang direnovasi agar terlihat indah dan jamaah lebih khusyuk beribadah. "Kondisinya masih tahap renovasi di bagian atas dengan menambah ketinggian atap dan membangun kubah, karena itu membutuhkan dana cukup besar untuk penyelesaiannya," ujar Baharuddin.

Terpopuler