Remaja Masjid di Sukabumi Buat Kampung Ramadhan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham

Kamis 01 Jun 2017 19:42 WIB

Membaca Alquran di kampung Ramadhan (ilustrasi). Foto: Republika/ Edi Yusuf Membaca Alquran di kampung Ramadhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bulan puasa dijadikan momen bagi para remaja masjid di Sukabumi untuk menggelar kegiatan bernama Kampung Ramadhan. Acara tersebut memadukan antara kegiatan Islami dengan sejumlah kegiatan komunitas yang ada di Sukabumi.

Keberadaan Kampung Ramadhan yang berada di Kelurahan Kebon Jati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi tersebut digagas oleh Remaja Masjid An Nuur dan Aliansi Solidaritas Muslim Sukabumi (Asmmi). Pembukaan Kampung Ramadhan ini dilakukan pada Kamis (1/6), sore. "Kampung Ramadhan ini sudah dua kali dilakukan,'' ujar Ketua Bidang Acara Kampung Ramadhan Kebon Jati Sukabumi Langlang Medal Fajar kepada Republika.co.id.

Sebelumnya, pada 2016 lalu acara serupa juga digelar dan mendapatkan respon positif dari warga. Menurut Langlang, kampung Ramadhan ini memadukan antara kegiatan Islami seperti tausiyah dan acara komunitas. Penceramah di Kampung Ramadhan berasal dari luar daerah seperti ustad Hanan Attaki dan sejumlah ulama lainnya.

Untuk komunitas yang terlibat berasal dari kalangan seni dan budaya, komunitas penyayang binatang seperti kucing dan lain sebagainya. Para anggota komunitas ini setiap harinya berbagi ilmu dan pengetahuan menjelang waktu berbuka puasa.

Selain itu, kata Langlang, di Kampung Ramadhan juga ada bazar Ramadhan yang menawarkan kuliner dan kebutuhan masyarakat lainnya. Pada tahun ini, ada sekitar 30 stan yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurut Langlang, selepas kegiatan tausiyah dan acara komunitas para peserta kegiatan setiap harinya akan berbuka bersama di Masjid An Nuur. Masjid tersebut menyediakan makanan untuk berbuka puasa. Dana untuk penyediaan makanan berbuka puasa berasal dari warga sekitar secara bergantian.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, penyelenggaraan Kampung Ramadhan ini merupakan kegiatan yang positif. ''Di Kampung Ramadhan ini bisa mendapatkan tambahan wawasan keagamaan dan informasi dari komunitas yang ada di Sukabumi,'' kata dia.

Terpopuler