LAZ Al Azhar Buka Gerai Zakat di Mal

Red: Irwan Kelana

Kamis 01 Jun 2017 17:32 WIB

LAZ Al zhar hadir di sejumlah pusat perbelanjaan di Jadebotak. Foto: Dok LAZ Al Azhar LAZ Al zhar hadir di sejumlah pusat perbelanjaan di Jadebotak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah bulan di mana semua umat Muslim berlomba-lomba d melakukan kebaikan. Pada  bulan ini meningkat pula kesalehan dan keimanan seseorang. LAZ Al Azhar sebagai lembaga zakat yang mengelola dana zakat, infaq, sedekah serta wakaf (ZISWAF) untuk mengentaskan kemiskinan memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk melakukan sosialisasi program kepada khalayak serta edukasi tentang sadar zakat.

Kepala Divisi Fundraising, Komunikasi dan Partnership (Fundkompart) LAZ Al Azhar Anggriansyah Munggaran mengemukakan,  kegiatan sosialisasi dan edukasi dilakukan dengan menambah jumlah gerai zakat yang akan membantu para muzakki dalam menunaikan zakat, infaq, sedekah dan dana sosial lainnya.

“Titik sebar gerai zakat ini  menyasar ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat pada bulan Ramadhan seperti pusat perbelanjaan atau mall yang didukung dengan sistem pencatatan yang modern untuk menambah kenyamanan dan kepercayaan para muzakki,” kata Anggriansyah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (31/5).

Rian, panggilan akrab Anggriansyah, menambahkan, jumlah gerai zakat LAZ Al Azhar di pusat perbelanjaan saat ini ada 26 titik yang tersebar di Jabodetabek. “Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Dan diharapkan ke depan akan terus bertambah agar makin banyak masyarakat yang teredukasi,”  ujar Rian.

 

Selain melalui gerai zakat, edukasi juga dilakukan dengan cara mengirim para dai ke masjid-masjid yang berada di pusat perbelanjaan untuk memberikan tausiyah seputar zakat menjelang waktu berbuka puasa. “Dengan cara demikin, kami berharap  agar masyarakat yang jalan-jalan ke mal  yang tadinya hanya ingin berbelanja untuk kebutuhan puasa dan lebaran juga bisa mendapatkan edukasi dan pengingat tentang kewajiban zakat mereka,”  jelas Rian.

Bagi muzakki yang ingin berdonasi dan berkonsultasi seputar zakat namun terjebak kesibukan dan tidak bisa datang ke gerai zakat, Rian juga menawarkan solusi berupa layanan  Zakat Home Service. “Tinggal telepon ke kantor dan Tim kami siap menjemput donasi para muzakki di rumah atau kantor yang berada di wilayah Jabodetabek berapapun jumlah donasinya,”  tutur Rian.