Tips Kastengel Gurih dan Kriuk-Kriuk

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 01 Jun 2017 13:10 WIB

Kastangel Foto: Honesty Rosyid Kastangel

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri sangat identik dengan beragam kue kering. Salah satu yang sangat khas adalah kastengel. Kue berbahan dasar keju ini begitu digemari banyak orang. Terutama jika kejunya sangat terasa gurih, renyah sekaligus lumer di mulut.

Sebagian ibu lebih memilih membuatnya sendiri agar kualitas lebih terjamin. Blogger makanan penulis buku Homemade Cooking, Endang Indriani memberikan sejumlah tips agar kastengel buatan rumah jadi nikmat dan bikin ketagihan.

"Daripada membuat yang biasa saja, lebih baik sekalian membuat yang enak dengan keju yang banyak karena waktu dan tenaga yang dihabiskan sama saja," kata dia saat ditemui di acara Berbagi Kreasi KRAFT 2017, Jakarta beberapa waktu lalu.

Endang mengatakan keju yang paling cocok untuk membuat kastangel adalah keju edam. Keju ini adalah keju dengan tekstur terkeras sehingga memberi tekstur renyah dan rasa keju yang kuat pada kastangel.

"Memang sebaiknya gunakan keju terkeras, tapi jika tidak ada, cheddar pun tidak apa-apa," kata Endang.

Keju jenis cheddar ini memang terkenal lebih serba guna untuk beragam macam makanan termasuk kue kering. Menurutnya, kunci utama dalam membuat kastengel adalah jumlah keju dan mentega yang banyak. Endang juga mencampurkan tepung terigu dan maizena agar tekstur lebih lembut, renyah namun saat dipanggang tidak lumer.

"Jangan kebanyakan tepung nanti bantat. Atau kurang mentega dan keju, nanti rasanya tidak enak, malah sia-sia," kata dia.

Endang menyampaikan kunci membuat kue salah satunya adalah proporsi mentega.

Terpopuler