Berkah Ramadhan Bagi Petugas Kebersihan Jalan di Semarang

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Hazliansyah

Selasa 30 May 2017 01:53 WIB

Petugas penyapu jalanan (ilustrasi) Foto: dnewsbsi.wordpress.com Petugas penyapu jalanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Para petugas kebersihan jalan yang biasa beraktivitas di kawasan Simpanglima dan berbagai jalan protokol yang ada di wilayah Kota Semarang menerima berkah paket Ramadhan 1438 Hijriah.  

Penyerahan Paket Ramadhan ini dilaksanakan bersamaan dengan acara buka puasa bersama, yang digelar Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng bersama Neo Candi Hotel, Semarang, baru- baru ini.

Kepala Kantor Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi mengatakan, mereka (red; para petugas kebersihan jalan) sudah selayaknya dihargai dan mendapatkan apresiasi pada bulan yang berlimpah berkah ini.

Apalagi, jelasnya, sejumlah petugas kebersihan jalan utama di wilayah Kota Semarang sudah berusia senja, namun mereka tetap gigih dan senantiasa ikhlas mengabdi untuk kebersihan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini.

“Mereka ada yang telah berusia 67 tahun, namun masih gigih bekerja membersihkan jalanan di Kota Semarang,” ungkapnya.

Para petugas kebersihan jalan ini, lanjutnya, umumnya berlatar belakang dari kaum dhuafa. Namun dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, penghasilan peugas kebersihan jalan rata- rata sudah disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).  

“Apa yang dilakukan IZI bersama Neo Candi Hotel Semarang salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap peran para petugas kebersihan ini,” tandasnya.

Sementara itu Hotel Manager Neo Candi, Ibnu Ikhwan Hambali menambahkan, menyambut Ramadhan di tahun ke-empat ini, manajemennya sengaja mengajak para penyapu jalan yang menurutnya telah banyak berjasa dalam membantu kebersihan Kota Semarang. Kegiatan buka bersama dan pemberian paket Ramadhan ini sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap awal Ramadhan bersama IZI Jateng.

“Kali ini kami juga mendatangkan da’i dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia yang mengisi acara pengajian dengan tema ‘Syukur dan Sabar’ di hadapan para peserta buka bersama ini,” tambahnya.

Salah seorang petugas kebersihan jalan, Ginem (57), mengaku sangat beruntung bisa merasakan buka puasa bersama- sama dengan rekan sesama petugas kebersihan jalan, di Neo Candi Hotel ini.

Baginya, suasana seperti ini sangat jarag didapatkanya. Biasanya cuma bisa melihat dari luar pas lagi nyapu, sekarang makan disini bareng temen- temen. “Semoga semua yang ada di sini  diberikan rejeki yang terus melimpah,” ungkapnya.

Terpopuler