Pengusaha Hindu Ini Kagumi Ramadhan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ilham

Senin 29 May 2017 08:35 WIB

Ramadhan di India Foto: AP Ramadhan di India

REPUBLIKA.CO.ID, AJMAN -- Ramadhan tahun ini menjadi bulan spesial bagi Jaideep Naidu, seorang pengusaha Hindu dari India. Ramadhan di matanya adalah bulan yang indah di mana dia lebih sering berkumpul juga bersosialisasi dengan rekan-rekan Muslimnya, sekaligus menikmati banyak makanan saat berbuka puasa.

Naidu mungkin tidak ikut berpuasa, juga beribadah selama satu bulan penuh sebagaimana Muslim lainnya. Namun dia menemukan semangat kebersamaan di mana pun dia berada di bulan ini. "Bagian terbaik Ramadhan adalah saat semua orang berkumpul, dan orang-orang mengundang saya berbuka puasa," kata pengusaha 24 tahun ini, dilansir dari The National, Senin (29/5).

Selama Ramadhan, Naidu sering menerima undangan buka puasa yang jumlahnya bisa mencapai 15-20 undangan. Ini karena 90 persen temannya adalah Muslim Arab. Orang tua Naidu, meski pun Hindu juga semangat mengundang teman-teman dan keluarga Muslim berbuka puasa di rumah mereka. Mereka menyajikan aneka masakan dan makanan yang dipastikan halal.

Selain kekagumannya pada momen berbuka puasa, Naidu menyebut Ramadhan bulan yang hebat. Sebab, semakin sedikit orang berkeliaran di jalan raya, jam kerja berkurang, dan selalu ada diskon untuk penjualan produk atau layanan.

"Kemana pun Anda pergi, di sana ada diskon penjualan dan berbagai penawaran hebat, tidak hanya untuk hal-hal kecil tapi juga hal besar, seperti mobil. Banyak tempat buka sampai larut malam seakan hidup ini tak ada hentinya," ujarnya.

Pengusaha yang menjalankan bisnis konstruksi ini dibesarkan di UAE. Ini membuat Naidu sudah familiar dengan Ramadhan, bahkan belajar membaca Alquran.

Naidu sudah bertunangan dengan seorang wanita Muslim dan berencana mengenal Islam lebih jauh. Naidu juga belajar berpuasa, setidaknya tiga hingga empat hari di bulan Ramadhan. Ini juga dalam rangka mengenal Islam dan menghormati pasangannya yang sedang berpuasa. "Ini waktunya mendapatkan pengalaman terbaik," katanya.