Festival Chawkbazar Jadi Penanda Ramadhan di Bangladesh

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Hazliansyah

Senin 29 May 2017 08:30 WIB

Pasar tradisional Chawkbazar, pasar iftar terbesar di ibu kota Dhaka, Bangladesh. Foto: CHINA DAILY Pasar tradisional Chawkbazar, pasar iftar terbesar di ibu kota Dhaka, Bangladesh.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Chawkbazar merupakan pasar berbuka puasa terbesar di Bangladesh. Festival itu mengadirkan barang-barang tradisional pada hari pertama bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari Dhaka Tribune, Senin (29/5), pasar darurat yang setiap tahun ada itu biasanya hadir setelah masyarakat menyaksikan tradisi Dhaka yang berusia 400 tahun. Ratusan toko darurat hadir untuk memenuhi permintaan ribuan warga yang datang ke Chawkbazar untuk membeli hidangan berbuka.

Tawhidul Alam Munsi, salah seorang penduduk Narianda Dhaka mengaku, sengaja datang karena anggota keluarganya sangat menyukai hidangan tradisional yang biasanya dijual. Makanan seperti boro baper polay khay, suti kabab, shahi parata, chops dan buah-buahan tak luput dari mejanya.

"Saya berharap ini akan membuat buka puasa pertama Ramadhan ini berarti untuk keluarga saya," kata Munsi.

Tahun ini, beberapa harga bahan makanan dan daging tengah mengalami kenaikan yang cukup tinggi dari tahun-tahun yang lalu. Namun, Walikota Perusahaan Kota selatan, Mohammad Sayeed Khokon berjanji, akan meningkatkan pengawasan agar tidak ada kecurangan dari pedagang.

"Kami telah membentuk tim untuk memantau pasar, sehinga pedagang tidak dapat menaikan harga komoditas penting secara ilegal," ujar Khokon.

Terpopuler