Twitter Keluarkan Fitur Khusus Selama Ramadhan

Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 27 May 2017 11:29 WIB

Twitter Foto: Reuters Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Twitter meluncurkan emoji khusus untuk Ramadhan. Begitu juga dengan Periscope dan Ramadan TV yang disiarkan di negara-negara mayoritas Muslim.

Dilansir Adweek, Jumat (26/5), Direktur Kerja Sama Media Twitter untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Kinda Ibrahim menjelaskan fitur-fitus khusus Ramadhan ini. Sejumlah tanda pagar (tagar) yang berhubungan dengan Ramadhan akan bisa memunculkan emoji. Seperti #Ramadan akan memunculkan emoji bulan sabit dengan masjid. Emoji segelas yogurt akan terkait dengan #takjil #iftar dan tagar lain yang berhubungan.

Selain itu ada emoji lentera yang merefleksikan semangat di bulan suci Ramadhan untuk #Ramadhan. Selain Twitter, tagar-tagar terkait Ramadhan di Periscope juga akan memunculkan emoji hati khusus.

Sementara, Ramadan TV akan memungkinkan pengguna di Timur Tengah untuk mengirim pesan langsung pada portal hiburan Arab @FiFan. Konten Ramadhan lain di Twitter akan termasuk sesi tanya jawab dengan selebritas dan pakar.

Ada pula video-video 360 derajat dari beragam penyiar dan penyedia konten siaran langsung lainnya. Selain Timur Tengah, Ibrahim juga menjelaskan sejumlah inisiatif Ramadhan di jejaring sosial di Indonesia. "Di Indonesia, kami bekerja sama dengan sejumlah rekan untuk lebih menghidupkan suasana Ramadhan, dan memudahkan penduduk Indonesia untuk menemukan informasi terkait Ramadhan di Twitter," kata dia.

Fitur-fitur itu di antaranya disediakan oleh @MasakTV yang akan menyediakan video resep masakan harian selama bulan Ramadhan. Dengan bercicit #masakapa untuk @MasakTV, pengguna akan menerima video resep.

Selain itu, dengan bercicit #jajandimana kemudian menu yang diinginkan pada @MasakTV, pengguna akan menerima pesan balasan berupa rekomendasi restoran terdekat yang menyediakan menu yang diinginkan tersebut.

Selain itu, Twitter juga berekanan dengan radio @Jak101fm dan @gen987fm untuk menyajikan sesi tanya jawab dan Periscope. Semua itu disiarkan langsung via akun Twitter masing-masing radio.

Sementara untuk TV @netmediatama juga akan terintegrasi dengan Twitter selama program sahur @Ini_Talkshow. Pengguna Twitter juga bisa bercicit ke @netmediatama dengan #ramadhan untuk mendapat update waktu shalat, iftar dan ceramah singkat setiap harinya via DM.

Satu lagi, @KaskusTraveller yang merupakan bagian dari @Kaskus akan menyiarkan konten reguler di Periscope dan video di Twitter sambil menunggu waktu berbuka. Topiknya akan beragam setiap harinya namun tetap terkait dengan Ramadhan. Mulai dari tips-tips selama puasa, menu berbuka unik dari seluruh Indonesia hingga soal mudik. 

Terpopuler