Kapan Anak Bisa Berpuasa? Ini Kata Dokter Anak

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham

Sabtu 27 May 2017 00:05 WIB

Ilustrasi Anak Berpuasa Foto: Foto : MgRol_93 Ilustrasi Anak Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rinawati Rohsiswatmo mengatakan, anak mulai usia lima hingga enam tahun sudah dapat menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, Rina mengingatkan, proses belajar berpuasa bagi anak adalah persoalan mental ketimbang fisik.

"Puasa itu kan belajar untuk menahan diri. Sebenarnya usia lima hingga enam tahun sudah bisa berpuasa. Tapi anak-anak usia itu tantangannya justru mental," ujar Rina kepada Republika.co.id, Rabu (24/5).

Rina menjelaskan, pada usia tersebut, fisik anak sudah mampu untuk berpuasa. Ia mengaku, ibadah puasa bukan berarti seseorang tidak boleh makan. "Puasa itu hanya mengubah jam makan saja," ujar Rina.

Meski begitu, kata Rina, banyak anak-anak yang belum terbiasa menahan lapar dan cenderung rewel. Oleh karena itu, terdapat beberapa tahap dalam latihan berpuasa seperti dengan berlatih puasa setengah hari. "Kalau usia delapan atau sembilan tahun saya kira anak sudah mantap mentalnya dan siap berpuasa penuh," ujarnya.

Terpopuler