Masjid Istiqlal Siap Gelar Tarawih Pertama Malam Ini

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 26 May 2017 16:19 WIB

 Umat Islam melaksanakan sholat jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (5/5). Foto: Republika/ Yasin Habibi Umat Islam melaksanakan sholat jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penentuan awal Ramadhan 1438 Hijriyah diprediksi akan dilaksanakan pada Sabtu (27) besok. Pengurus Masjid Istiqlal sendiri telah siap untuk menggelar shalat tarawih pertama untuk Ramadhan tahun ini.

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abd Salam mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya Masjid Istiqlal siap melayani jamaah yang akan melaksanakan Shalat Tarawih di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Sudah siap. Kami sudah siap untuk gelar shalat Tarawih pertama," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (26/5).

Ia menuturkan, biasanya pada saat pelaksaan shalat Tarawih pertama, masjid Istiqlal akan dipenuhi oleh para jamaah. Begitu juga untuk tahun ini, kata dia, jamaah juga akan membeludak.

"Biasanya ramai awal-awal Tarawih dan animo masyarakat sangat tinggi sekali. Seperti shalat Jumat penuh, bisanya seperti itu," ucapnya.

Abu Hurairah yakin Ramadhan tahun ini akan bersamaan, baik dari warga NU maupun dari Muhammadiyah. Kendati demikian, menurut dia, pihaknya harus menunggu keputusan sidang Itsbat yang digelar Kementerian Agama, Jumat (26/5) sore ini.

Berdasarkan pantauan , pukul 16.00 WIB, Kemenag sendiri masih siap-siap untuk menggelar siaran pers Sidang Isbat di Gedung Kemenag Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Tidak sedikit awak media yang berkumpul untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait hasil keputusan penentuan awal Ramadhan.

Menteri Agama Lukman Hakim juga sudah datang ke lokasi untuk menghadiri sidang tersebut. Menteri Lukman hadir dengan mengenakan kemeja warna putih dan berkopiyah hitam.

 

 

 

Terpopuler