Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Jumat 26 May 2017 11:11 WIB

Sedekah/Ilustrasi Sedekah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anas RA pernah meriwayatkan Rasulullah SAW pernah ditanya "Sedekah manakah yang paling utama?" Beliau menjawab "Sedekah di bulan Ramadhan".

Sedekah di bulan penuh berkah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memberi makan untuk berbuka puasa hingga memberi penerangan lampu di masjid.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa menolong keperluan saudaranya Muslim di bulan Ramadhan, maka Allah Ta'ala akan menolong seribu keperluan/hajatnya di hari kiamat".

Dalam buku 'Kesempurnaan Ibadah Ramadhan' Abdul Manan bin Haji Muhammad Sobari, diceritakan satu kisah. Yahya Barmaki RA setiap tahunnya selalu memberikan 100 dirham kepada Sufyan Ats Tsauri.

Maka dalam sujudnya, Sufyan selalu mendoakan Yahya. Ia berdoa "Ya Allah! Cukupkanlah keperluan akhirat baginya." Kemudian saat Yahya meninggal, orang-orang bermimpi yang sama.

Dalam mimpi tersebut mereka bertanya pada Yahya tentang keadaannya. Ia pun menjawab "Disebabkan doa Sufyan, Allah SWT mengampuni dosa-dosaku."

Nabi Muhammad SAW juga bersabda "Barang siapa pada bulan Ramadhan memberi makan berbuka puasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan dia memperoleh pahala seperti yang diperoleh orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun."

Lalu para sahabat berkata, Ya Rasulullah kami tak punya makanan untuk diberikan. Beliau menjawab "Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski hanya seteguk air, sebutir kurma atau sehirup susu."

Terpopuler