Polres Temanggung Gelar Patroli Ramadhan

Red: Nidia Zuraya

Kamis 25 May 2017 20:33 WIB

Polisi berjaga-jaga di sejumlah tempat ibadah di Temanggung. ilustrasi Foto: Antara Polisi berjaga-jaga di sejumlah tempat ibadah di Temanggung. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, menggelar patroli khusus Ramadhan sebagai upaya antisipasi kejahatan dan kriminalitas selama Ramadhan 1438 Hijriah. Kepolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo mengatakan patroli khusus Ramadhan digelar untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat melalui kegiatan keagaamaan selama Bulan Puasa.

Kegatan keagamaan yang dilakukan, antara lain melalui shalat subuh berjamaah, tarawih keliling, dan shalat Jumat di masjid-masjid di Temanggung secara bergiliran. "Kegiatan preventif kami lakukan dengan imbauan-imbauan, pesan-pesan kamtibmas melalui tarling, jumatan, shalat subuh, buka bersama di masjid-masjid secara bergiliran setiap hari," katanya di Temanggung, Kamis (25/5).

Selama ini, phaknya juga aktif melakukan shalat subuh berjamaah di masjid-masjid. Hampir setiap masjid di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung sudah dikunjunginya setiap pagi. Dalam kesempatan shalat subuh berjamaah, katanya, selain menyampaikan pesan kamtibmas pihaknya juga mengajak masyarakat merawat toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Menurut dia, upaya tersebut sekaligus untuk menanggkal bahaya radikalisme yang bisa masuk ke desa-desa di wilayah pegunungan. Kegiatan buka bersama, katanya, dimanfaatkannya untuk mengunjungi dan bertemu tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat. Upaya itu untuk membangun hubungan dialogis antara polisi dengan masyarakat.

Menurut dia, upaya dialogis juga disampaikan melalui berbagai kegiatan olahraga, seperti sepak bola. Dalam kegiatan olahraga, selain menyampaikan pesan kerukunan, pihaknya juga membangun nilai positif dan sportivitas dalam masyarakat.

Ia mengatakan menjelang Ramadhan, Polres Temanggung telah menggelar operasi memberantas penyakit masyarakat. Razia pada Rabu (24/5) malam, polisi telah mengamankan minuman beralkohol, petasan, dan dua pasangan selingkuh di hotel. 

Terpopuler