Inilah Program Khusus LAZ Al Azhar pada Ramadhan 1438 H

Red: Irwan Kelana

Kamis 25 May 2017 07:16 WIB

Program ambulans gratis dari LAZ Al Azhar untuk masyarakat yang membutuhkan. Foto: Dok LAZ Al Azhar Program ambulans gratis dari LAZ Al Azhar untuk masyarakat yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan yang dinantikan oleh semua umat Muslim tinggal menghitung hari. Beberapa lembaga zakat pun sudah mulai menyosialisasikan program unggulan mereka untuk menarik hati para muzakki berdonasi di bulan nan suci.

Lembaga Amil Zakat (LAZ)  Al Azhar sebagai lembaga zakat yang fokus pada program pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan komprehensif juga sudah mulai melakukan sosialisasi program kepada masyarakat luas.

Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Sigit Iko Sugondo menuturkan dalam rangka Ramadhan kali ini LAZ Al Azhar masih mengusung tema besar Ramadhan Mubarak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.  “Selain menyosialisasikan lima  klaster program utama, pada Ramadhan 1438 H LAZ Al Azhar juga punya program khusus,” kata Sigit Iko Sugondo dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (24/5).

Lima klaster program utama adalah  pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat desa, pengentasan pengangguran dan pemberdayaan pemuda produktif, memperbaiki kondisi kehidupan anak yatim dan dhuafa, pemberdayaan ekonomi, insfrastruktur dan konservasi lingkungan serta klaster penanggulangan bencana dan jaringan relawan.

LAZ Al Azhar juga akan mengangkat program khusus selama bulan Ramadhan 1438 H ini. Program spesial ini yaitu paket buka puasa dan makan di surau terpencil, paket apresiasi guru ngaji di surau terpencil, paket bahagia yatim, benah mushalla, sedekah produktif  bantu petani terlepas dari jeratan rentenir, sedekah pengadaan ambulan dan mobil jenazah, serta pembangunan RGI (Rumah Gemilang Indonesia) di Demak.

“Tujuannya agar masyarakat dhuafa yang ada di pedalaman mampu merasakan indahnya nuansa Ramadhan seperti yang dirasakan oleh masyarakat yang mampu,”  kata Sigit.

Sigit menegaskan, membantu orang miskin tidak identik dengan mengentaskan kemiskinan. LAZ Al Azhar punya cara dalam menangani para mustahik, melalui program komprehensif yang diawali dari penyelamataan kegawatdaruratan, memberikan akses pasar, akses modal dan akses pengetahuan.

Tak kalah pentingnya,  memberikan life insurance supaya para penerima manfaat yang terbelakang menjadi maju, mengubah status dari mustahik menjadi muzakki. “Untuk itulah tagline kita di bulan Ramadhan kali ini yaitu Dari Zakat, Infaq dan Sedekah Anda Bersama Entaskan Kemiskinan,”  tutur  Sigit.