Jamaah Naqsabandiyah Mulai Puasa Hari Ini, Lebaran pada 24 Juni

Rep: Issha Harruma/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 25 May 2017 01:30 WIB

Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi Foto: Amin Madani/Republika Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jamaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah akan mulai berpuasa pada Kamis (25/5) besok. Jamaah tersebut akan menggelar sholat tarawih pertama pada malam ini, Rabu (24/5).

"Malam ini, kami mulai tarawih karena berdasarkan hitungan tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah, 1 Ramadhan jatuh pada Kamis ini," kata tokoh jamaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Medan, Syekh Muda Muhammad Nur Zikri, Rabu (24/5).

Nur Zikri menjelaskan, penetapan 1 Ramadhan di tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah tetap mengacu pada Alquran dan hadits. Penghitungan tersebut, lanjutnya, didasarkan pada kalender hisab Qamariah.

Atas dasar penghitungan inilah, Nur Zikri mengatakan, jamaah tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah juga sudah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. "Lebaran jatuh pada 24 Juni 2017," ujar dia.

Untuk pelaksanaan sholat tarawih yang akan dimulai malam ini, Nur Zikri mengatakan, akan digelar di masing-masing majelis tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di seluruh Indonesia. Di Sumut, salah satu lokasi tarawih, yakni di rumah tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Jl Kongsi Gang Leman Harahap, Mariendal, Deli Serdang.

Awal Ramadhan yang ditetapkan tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah ini lebih cepat dari ketetapan pemerintah. Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan pada Jumat (25/5).

Terpopuler