NTB Siap Gelar Festival Pesona Khazanah Ramadhan

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto

Selasa 23 May 2017 18:40 WIB

Kadisbudpar NTB Lalu Moh Faozal (kanan) memaparkan ragam acara menarik yang akan digelar di ajang  festival  (Ilustrasi) Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi Kadisbudpar NTB Lalu Moh Faozal (kanan) memaparkan ragam acara menarik yang akan digelar di ajang festival (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Festival Pesona Khazanah Ramadhan tak lama lagi akan dimulai. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata NTB akan membuka secara resmi ajang ini pada Kamis (25/5).

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, pembukaan Festival Pesona Khazanah Ramadhan akan dimulai pada sore hari dengan peresmian Kampung Khazanah Ramadhan di Kompleks Islamic Center NTB. "Peresmian Kampung Khazanah Ramadhan di Islamic Center NTB jadi pertanda dimulainya ajang Festival Pesona Khazanah Ramadhan yang akan berlangsung sebulan penuh," kata Faozal di Mataram, NTB, Selasa (23/5).

Kampung Khazanah Ramadhan yang berlokasi di Kompleks Islamic Center NTB menjadi sentra dari kegiatan Festival Pesona Khazanah Ramadhan. Beragam kegiatan akan terjadi di Kampung Khazanah Ramadhan, mulai dari pameran buku, pameran foto, dan kaligrafi. Selain itu, pentas seni dan budaya Islami seperti gambus juga akan memeriahkan peresmian Kampung Khazanah Ramadhan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kampung Khazanah Ramadhan selama bulan puasa, bisa menikmati sajian kuliner khas Bumi Seribu Masjid ini. "Usai peresmian, Masjid Hubbul Wathan yang juga berada di Kompleks Islamic Center NTB, akan menggelar Tabligh Akbar pada Kamis (25/5) malam dengan dihadiri dai kondang, Ustaz Yusuf Mansyur," kata Faozal.

Faozal menambahkan, penyelenggaraan Festival Pesona Khazanah Ramadhan merupakan terobosan baru. Selain bertujuan meningkatkan nuansa keagamaan di Lombok selama ramadhan, kegiatan ini diharapkan memacu perekonomian warga sekitar dan juga para pelaku usaha wisata selama bulan puasa.

Menurut Faozal, pergerakan sektor pariwisata kerap melesu tatkala bulan puasa tiba. Pemprov NTB berupaya mengubah paradigma ini dengan menggelar Pesona Khazanah Ramadhan yang diharapkan menjadi solusi atas persoalan yang selama ini terjadi.

"Event ini juga menjadi penguatan wisata halal yang sudah menjadi branding wisata Lombok," ungkap Faozal.

Pantauan Republika.co,id di lapangan, nuansa ramadhan sudah mulai tampak di sekitar kompleks Islamic Center NTB. Ribuan lampion sumbangan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia dan Perkumpulan Sosial Marga Tionghoa Indonesia di NTB mempercantik tampilan wajah Kota Mataram jelang ramadhan.

Lampion-lampion ini juga menempati sejumlah ruang di Kompleks Islamic Center NTB yang menjadi titik foto para pengunjung yang datang. Beragam kegiatan dan juga wajah empat imam besar asal Timur Tengah juga terpampang di beberapa titik di sekitar Islamic Center NTB.

Terpopuler