Santri Minhajurrosyudiin Gelar Khatam Alquran Selama Ramadhan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto

Selasa 23 May 2017 14:26 WIB

Khataman Alquran (Ilustrasi) Foto: ROL/Damanhuri Zuhri Khataman Alquran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki bulan suci Ramadhan, ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajurrosyidiin di Jakarta Timur akan menggelar program khatam Alquran. Selain khatam Alquran, para santri juga akan mengkaji makna di setiap ayat-ayat Alquran. Tujuannya, agar mereka mengetahui isi, kandungan, dan pesan yang ada di dalam Alquran. 

"Kegiatan mengkhatamkan Alquran, bacaan, dan maknanya dilaksanakan selama satu bulan, di bulan Ramadhan," kata Pimpinan Ponpes Minhajurrosyidiin, H. Muh Asy'ari Akbar kepada Republika.co.id, Selasa (23/5).

Asy'ari mengatakan, program khatam Alquran dan mengkaji maknanya akan dimulai pada hari pertama bulan puasa. Biasanya, program tersebut dilaksanakan selama 25 hari selama Ramadhan. Sebanyak 1.200 santri Ponpes Minhajurrosyidiin tahun ini akan mengikuti program tersebut.

Para santri akan membaca dan mengkaji makna ayat-ayat Alquran setiap hari. Mereka akan membaca dan mengkaji Alquran mulai dari setelah shlat Subuh, di waktu pagi, siang dan malam.

"Kalau hanya membaca Alquran, dalam waktu sepekan pun bisa khatam. Yang kita tekankan bukan bacaan saja. Jadi, para santri memahami juga makna Alquran," ujarnya.