Komik Gang Bedug akan Hiasi Halaman Ramadhan Republika

Red: Hiru Muhammad

Jumat 19 May 2017 18:47 WIB

Penandatanganan kerja sama antara Harian Umum Republika yang diwakilkan Direktur Operasional Arys Hilman Nugraha dengan komika Frankkomik, Franki Indrasmoro Sumbodo, di kantor Harian Umum Republika, Jumat (19/5). Foto: Yogi Ardhi/Republika Penandatanganan kerja sama antara Harian Umum Republika yang diwakilkan Direktur Operasional Arys Hilman Nugraha dengan komika Frankkomik, Franki Indrasmoro Sumbodo, di kantor Harian Umum Republika, Jumat (19/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki Ramadhan tahun ini, Harian Umum Republika bekerja sama dengan Frank Komik, menerbitkan komik seputar Ramadhan. Komik yang akan menghiasi halaman koran Republika selama Ramadhan tersebut berisi tentang kegiatan tiga orang anak, Soleh Abduh dan Aira.

Ketiganya tinggal di sebuah kampung dan bertemu di sebuah masjid yang terletak di Jalan Gang Bedug di kampung mereka. Pertemuan itu akhirnya berbuah pertemanan layaknya anak anak dan nama Gang Bedug menjadi pilihan tema komik ini. "Kami mengemasnya dalam sebuah tema keislaman yang ringan," kata Aria Baja Zulfitri, pendiri Frankkomik, ketika menandatangani kerja sama di kantor Harian Umum Republika, Jumat (19/5).

Tema yang diangkat menyangkut kehidupan sehari hari, seperti larangan bergibah, sahur, puasa, minum tidak sengaja saat berpuasa, dan kegiatan lainnya. Cerita yang disajikan bukanlah serial, melainkan cerita lepas dengan menampilkan tokoh yang sarat dengan ciri orang Indonesia. Seperti kulit sawo matang, rambut hitam mata lebar, dan lainnya. 

Pihaknya berharap komik Gang Bedug ini dapat dikembangkan lebih lanjut terkait Islam dari berbagai sudut secara positif karena masih banyak informasi ringan tentang Islam yang perlu diketahui masyarakat. Komik warna tersebut menurut rencana akan tampil dalam ukuran 6 kolom x 120 milimeter. Selain komik, pihaknya juga akan menerbitkan buku yang saat ini masih dalam tahap pembahasan. "Kami berharap komik ini akan mendapat sambutan positif dari pembaca," kata Aria.

Dalam kunjungan tersebut Aria didampingi rekannya Franki Indrasmoro Sumbodo, komika dari Frankkomik. Franki yang akrab disapa Pepeng ini selain aktif sebagai komikus, juga aktif sebagai pemain drum band Naif.

Terpopuler