Saat Ramadhan, Warga Timteng Habiskan Waktu 57,6 Juta Jam Bermain Facebook

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto

Senin 22 May 2017 16:30 WIB

Facebook (ilustrasi) Foto: AP Facebook (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Facebook baru-baru ini melakukan survei tentang penggunaan media sosial tersebut saat Ramadhan. Survei yang dilakukan di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara tersebut menunjukkan warga menghabiskan waktu 57,6 juta jam untuk bermain Facebook saat Ramadhan.

Survei yang telah dirilis oleh Facebook pada Ahad (14/5) ini menyebutkan, selama Ramadhan  penduduk wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara banyak menghabiskan waktu berselancar di platform media sosial untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.

Menonton televisi masih menjadi hiburan populer saat berkumpul bersama keluarga. Namun tidak semua warga hanya melakukan aktivitas itu. Terbukti, survei menunjukkan bahwa 71 persen diantara mereka yang menonton televisi juga mengakses Facebook di saat bersamaan.

“Penelitian menemukan pengguna Facebook diperkirakan akan mencapai puncak pada pukul 03.00 Ramadhan, sekitar 152 juta pengguna di kawasan ini," kata survei tersebut seperti dilansi dari TechJuice, baru-baru ini.

Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Muslim berpuasa sejak masuk waktu Imsak hingga azan Maghrib berkumandang. Baru-baru ini, Pakistan mengesahkan undang-undang yang menyatakan orang-orang yang merokok atau makan secara terbuka di depan umum selama Ramadhan akan didenda sampai 25 ribu riyal Saudi dan hukuman tiga bulan penjara.