JIC Ajak Warga Melihat Hilal Pertama Ramadhan di Pulau Karya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Senin 22 May 2017 08:00 WIB

Petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Jombang mengamati posisi hilal (bulan) saat rukyatul hilal untuk menentukan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah di Satradar 222 Ploso di Kabuh, Jombang, Jawa Timur, Senin (4/7). Foto: Antara/Syaiful Arif Petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Jombang mengamati posisi hilal (bulan) saat rukyatul hilal untuk menentukan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah di Satradar 222 Ploso di Kabuh, Jombang, Jawa Timur, Senin (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Islamic Center (JIC) memiliki sejumlah kegiatan untuk menemani umat Muslim selama Ramadhan. Acara-acara ini tersegmentasi untuk sejumlah kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

"Ramadhan tahun ini, banyak kegiatan, dari acara yang sifatnya untuk pendidikan keagamaan, ramadhan, kuliah umum, hingga kajian," kata Ketua Divisi Pengkajian dan Pendidikan, Rakhmad Z Kiki, Republika.co.id.

Acara ini rutin dilakukan setiap tahun. Tahun ini pun tidak terlalu banyak perubahan, namun lebih terperinci dan jelas segmentasinya. Mulai dari acara khusus anak-anak, remaja, dan orang tua.

Rakhmad juga mengatakan, i'tikaf tetap digalakkan untuk 10 hari terakhir Ramadhan. Sementara untuk awal bulan, JIC mengajak penduduk untuk wisata sekaligus pembelajaran soal melihat hilal pertama di Pulau Karya di Kepulauan Seribu.

"Kami mengajak warga untuk kita bersama lihat hilal, pada 25 Mei nanti kita berangkat," kata Rakhmad. Acara ini menjadi salah satu yang ditonjolkan JIC karena menjadi salah satu penentu 1 Ramadhan bagi umat Muslim di Indonesia.

Terpopuler