Antisipasi Mudik Lebaran, Pemerintah akan Perbaiki Jalur Cikopo

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ilham

Selasa 09 May 2017 21:29 WIB

Tol Cikopo, Jawa Barat. Foto: Antara/M Agung Rajasa Tol Cikopo, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui kementerian perhubungan akan mengurai kemacetan dan mekanisme penguraian jalan dari hulu jalan. Sekertaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan, nantinya penguraian kemacetan sudah akan dilakukan pada pintu masuk Cikopo.

Sugihardjo mengatakan, Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menghimbau untuk seluruh stakeholder melakukan mekanisme penguraian dan antisipasi kemacetan saat mudik lebaran nanti. Sugihardjo berharap kemacetan bisa dihindari pada arus mudik lebaran tahun ini.

"Bentuk mengurai bisa dengan pembangunan yang kita lakukan, seperti ada empat perlintasan sebidang ke arah selatan, termasuk manajemen lalu lintasnya. Jadi tidak diujung, tapi di hulu-nya sudah mulai kita kendalikan dari Cikopo sudah mulai kita atur," ujar Sugihardjo di Kantor Kemenko Maritim, Selasa (9/5).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksikan jumlah penumpang dalam angkutan Lebaran tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar 4.85 persen dari tahun sebelumnya. Sementara, jumlah angkutan pribadi mobil mengalami kenaikan sebesar 18.18 persen dan angkutan motor mengalami kenaikan sebesar 13.92 persen.

Terpopuler