Allah Menyukai Orang yang Menyegerakan Buka Puasa

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Sabtu 27 May 2017 12:30 WIB

Berbuka puasa (ilustrasi) Foto: Boldsky Berbuka puasa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan, jika kita ingin mendapatkan cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. ''Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,'' tulis Imam Nawawi dalam kitabnya.

Jika waktu Maghrib sudah tiba, umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa diperintahkan untuk segera berbuka. Ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa'ad RA.

Rasulullah SAW bersabda, ''Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muttafaqun 'alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, adalah cara untuk menjauhkan diri dari ajaran puasa yang berlebihan. Sebab, puasa yang begitu akan memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ''HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muslim.

Terpopuler