Meraih Pahala Seperti Berpuasa Selama Setahun

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Jumat 23 Jun 2017 05:30 WIB

Berpuasa/Ilustrasi Foto: AP PHOTO Berpuasa/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shaum di bulan Ramadhan yang diikuti dengan Shaum Syawwal selama enam hari diibaratkan shaum selama setahun penuh. Hal ini seperti diriwayatkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Abu Ayyub ra.

Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawwal, maka ia seperti berpuasa setahun.'' Hadis riwayat Muslim. Hadis ini ternyata memiliki perhitungannya.

Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadlush Shalihin mengungkapkan, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dan mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka ia seperti berpuasa setahun penuh, karena satu hari sebanding dengan sepuluh hari."

Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya, ''Barangsiapa melakukan satu kebaikan, maka dia mendapat sepuluh kali lipat.'' Maka, satu bulan Ramadhan sebanding dengan sepuluh bulan dan enam hari Syawwal sebanding dengan dua bulan (60 hari).

Meski bulan Syawwal berjumlah 29 hari, Imam Nawawi berpendapat, melaksanakan ibadah puasa enam hari di bulan Syawwal lebih baik dilakukan secara berkesinambungan. Akan lebih baik lagi jika dilakukan mulai tanggal 2 Syawwal.