Citilink Angkut 600 Ribu Lebih Penumpang Saat Puncak Lebaran

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Achmad Syalaby

Selasa 19 Jul 2016 09:02 WIB

Pesawat Citilink Foto: Republika/Prayogi Pesawat Citilink

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Citilink Indonesia berhasil menerbangkan 645.974 penumpang selama periode musim puncak Lebaran 2016 yang berlangsung dari 30 Juni hingga 17 Juli 2016  dengan aman dan lancar.

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan, jumlah ini menunjukkan peningkatan sebanyak 52.056 penumpang atau naik sembilan persen jika dibandingkan periode musim puncak Lebaran 2015 yaitu sebanyak 593.918 penumpang. Benny menyatakan, pencapaian Citilink tidak luput dari dukungan dan kerja sama tim Citilink dengan pihak Kementerian Perhubungan selaku regulator.

Menurut dia, Citilink berhasil melewati periode peak season Lebaran karena persiapan internal yang dilakukan secara baik dan menyeluruh serta adanya koordinasi yang kuat dengan Kementerian Perhubungan."Koordinasi yang baik antara Citilink dengan Kementerian Perhubungan mendukung kelancaran kegiatan operasional Citilink selama periode peak season Lebaran," kata Benny dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/7).

Menurut Benny, koordinasi persiapan pelayanan tersebut mencakup kegiatan ramp check atau pemeriksaan prosedur rutin yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan terhadap pesawat-pesawat Citilink. Pelayanan ini turut membantu dalam meningkatkan kualitas keamanan dan keselamatan armada.

Benny berharap segala bentuk kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas keamanan dan keselamatan seperti ramp check dan kegiatan lainnya dapat dilakukan secara rutin oleh Kementerian Perhubungan selaku regulator. Dengan demikian, kepercayaan publik terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan nasional juga akan semakin meningkat.

Selama periode peak season Lebaran yang berlangsung dari 30 Juni sampai 17 Juli 2016 Citilink mempersiapkan 16.800 seat tambahan melalui 112 extra flight. Kemenhub memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran 2016 ini mencapai 17,6 juta orang, dimana 4,6 juta orang di antaranya menggunakan mode transportasi udara atau pesawat. Data sementara pada periode 24 Juni – 9 Juli 2016 menunjukkan jumlah penumpang pesawat telah mencapai 4,26 juta orang.