Liburan Berakhir, Arus Balik di Jalinsum Lampung Lengang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Achmad Syalaby

Ahad 17 Jul 2016 21:44 WIB

Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi). Foto: Republika/Maspril Aries Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Berakhirnya masa liburan sekolah pada Ahad (17/7) membuat jumlah kendaraan arus balik Lebaran Idul Fitri 1437 H yang melintas di jalan lintas sumatra (jalinsum) Lampung mulai lengang. Kendaraan pribadi pemudik balik sudah tidak seramai pada Jumat dan Sabtu lalu.

Pantauan di jalinsum ruas Jalan Soekarno – Hatta Kota Bandar Lampung, kendaraan pemudik balik berpelat nomor polisi luar Lampung yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni,sudah berkurang. Kepadatan kendaraan pun sudah tidak terjadi lagi di setiap perlintasan, seiring dengan berakhirnya masa liburan sekolah.

Ruas jalinsum saat ini mulai dipadati kendaraan truk barang dari Pelabuhan Bakauheni menuju kota-kota di Sumatra dan sebaliknya. Tingginya volume kendaraan truk, kerap membuat kemacetan di jalinsum persisnya di kawasan Jembatan Tegineneng.

“Kalau pemudik balik kendaraan pribadi sudah sudah berkurang. Yang padat sekarang justru truk-truk barang,” kata Suripto, salah seorang petugas di Polsek Tegineneng.

Pemudik balik juga terlihat lengang di Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandar Lampung pada Ahad (17/7). Aktivitas bus antarkota dan provinsi (AKDP) sudah tidak sepadat dua hari sebelumnya. Awak bus malah kesulitan mencari penumpang antaran puncak arus balik sudah terjadi sejak Jumat dan Sabtu lalu karena pelajar mulai masuk sekolah pada Senin (18/7).

Kepala Terminal Induk Rajabasa, Antoni Makki menyatakan terjadi penurunan jumlah penumpang yang datang dan tiba di terminal. Aktivitas kendaraan bus mulai berangsur normal kembali karena sudah berakhir musim liburan sekolah. “Berangsur normal kembali terminal,” katanya.

Data yang diperoleh, pada Jumat (15/7), kedatangan penumpang sebanyak 14.343 penumpang dengan jumlah 463 bus. Sedangkan keberangkatan sebanyak 484 bus dengan 15.803 penumpang.

Pada Sabtu (16/7) jumlah bus yang datang berjumlah 431 dengan jumlah 11.984 penumpang. Sedangkan jumlah keberangkatan 490 bus yang mengangkut 12.967 penumpang. Sedangkan pada Ahad (17/7) terjadi penurunan dan berangsur akan normal kembali pada Senin (18/7).