Polri Prediksi Arus Balik dari Bandung Meningkat

Rep: Mabrurah/ Red: Achmad Syalaby

Ahad 17 Jul 2016 15:07 WIB

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafly memberikan keterangan pers terkait penangkapan buron kasus penggelapan dana nasabah Bank Century, Hartawan Aluwi di Mabes Polri,Jumat (22/4).  (Republika/ Rakhmawaty La'lang) Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafly memberikan keterangan pers terkait penangkapan buron kasus penggelapan dana nasabah Bank Century, Hartawan Aluwi di Mabes Polri,Jumat (22/4). (Republika/ Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menduga akan sedikit terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta. Alasannya karena libur pendek usai Lebaran ini banyak masyarakat yang berlibur ke Bandung.

"Diduga sore hari dari arah Bandung yang akan terjadi peningkatan dikarenakan hari libur pendek. Hari libur pendek masyarakat kembali pulang dari Bandung," kata Boy di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Ahad (17/7). (Baca: Kapolri Perkirakan Masih Banyak Pemudik Belum ke Jakarta).

Arus balik dari Jawa menurut Boy memang akan sedikit terjadi penambahan volume kendaraan. Akan tetapi sambungnya tidak akan sampai terjadi kepadatan arus lalu lintas."Tidak akan berdampak pada kemacetan luas. Nanti cara bertindak di lapangan sudah disiapkan," ujar Boy.

Saat ditanyakan titik mana saja yang kemungkinan terjadi peningkatan volume kendaraan, dia menjelaskan hanya terjadi pada beberapa titik saja. Di antaranya arah Jakarta terutama di Tol Cikarang sampai arah Cawang, kemudian masuk tol Cileunyi dari Nagrek, sedangkan dari akan terjadi kepadatan pada Tol Pasteur.

Ada pun antisipasi yang sudah disiapkan kata dia seperti pemberlakuan contraflow apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas. Salah satunnya penerapan contraflow di depan rest area seperti di KM 68 sampai KM 41 dan kontraflow tol Cikampek. "Ini untuk mengurangi kepadatan di ruas rest area," jelas Boy.