Kapolri Perkirakan Masih Banyak Pemudik Belum Balik ke Jakarta

Rep: Mabruroh/ Red: Bilal Ramadhan

Ahad 17 Jul 2016 09:45 WIB

Kendaraan pemudik mengantre menuju pintu gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/7). Foto: Antara/Dedhez Anggara Kendaraan pemudik mengantre menuju pintu gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian pantau langsung arus balik 2016. Pantauan ini sengaja ia jadwalkan untuk melihat langsung kondisi di lapangan saat arus balik. Tito mengatakan pantuan ini menurutnya dilakukan lantaran melihat situasi di Jakarta masih lengang.

Sehingga menurut kacamatanya Jakarta yang lenggang dari kendaraan baik roda dua maupun kendaraan pribadi serta aktivitas masyarakat yang biasa memenuhi Jakarta masih terlihat belum normal.

"Iya karena kita lihat di Jakarta seminggu ini masih senggang, artinya belum normal," ujar Tito di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Ahad (17/7).

Senggangnya situasi Jakarta menurut Kapolri yang baru dilantik Rabu (13/7) ini karena banyak pemudik yang masih libur lebaran. Ditambah lagi kata dia karena anak-anak sekolah baru akan memulai kegiatan belajar mengajarnya pada Semin (18/7) besok. "Jadi perkiraan masih banyak pemudik belum balik," terangnya.

Tito juga menjelaskan tentang rencana hari ini sudah diantisipasi sejak Jumat (15/7) lalu. Antisipasi pertama dengan melakukan pantauan juga pada Sabtu (16/7) kemarin yang dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto.

"Sudah antipasi weekend kemarin, oleh karena itu Sabtu anggota kita sudah mantau," ujar dia.

Terpopuler