Arus Balik Jalur Selatan Padat Merayap

Red: Ilham

Selasa 12 Jul 2016 21:16 WIB

Kemacetan arus lalulintas di Jalur Selatan (ilustrasi) Kemacetan arus lalulintas di Jalur Selatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKRATA -- Pada H+6 Lebaran, Selasa (12/7), arus balik mudik di Jalur Selatan, Jawa Tengah, menuju Jakarta masih cukup padat. Kendaraan yang melaju di antara wilayah Ajibarang-Abimayu mengalami kemacetan cukup parah sepanjang sore.

Wartawan Republika.co.id, Joko Sadewo yang berada di lokasi jalur mudik tersebut melaporkan, saat ini jalur dari arah Abimayu ke Ketanggungan mulai ramai lancar. Meski begitu, kendaraan hanya merayap dengan kecepatan maksimal 20 KM/jam.

"Kondisi ramai lancar ini pun karena ada petugas polisi yang menerapkan buka-tutup jalur di jalur Ketanggungan-Argasari," kata Joko lewat sambungan telepon, Selasa petang.

Joko yang berangkat dari Purwoketo menjelaskan, sepanjang perjalanan, dirinya menghadapi beberapa titik kemacetan parah. Hal itu membuat dia beberapa kali mengambil jalan pintas yang tidak dilalui kendaraan umum. "Beberapa kali potong jalan dengan panduan aplikasi penunjuk jalan," katanya.

Hingga pukul 20.45 WIB, Joko bersama keluarganya baru masuk wilayah Prupuk, Kabupaten Tegal ke arah Jakarta. Padahal, dirinya berangkat pada pukul 15.00 dari Purwokerto. "Sampai di sini juga masih macet dan padat," katanya.

Terpopuler