Ratusan Penumpang Terbengkalai Gara-Gara Bus Kena Macet

Rep: Fuji E Permana/ Red: Dwi Murdaningsih

Senin 11 Jul 2016 15:49 WIB

Para pemudik berdesakan saat akan menaiki bus jurusan Bandung-Tasikmalaya, di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (3/7). (Foto: Mahmud Muhyidin) Foto: Mahmud Muhyidin Para pemudik berdesakan saat akan menaiki bus jurusan Bandung-Tasikmalaya, di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (3/7). (Foto: Mahmud Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan penumpang arus balik terbengkalai menunggu bis di Pol Budiman, Kota Tasikmalaya. Banyak bis yang terlambat datang karena terjebak kemacetan saat berangkat sehingga jadwal kedatangan bis-bis tersebut terlambat.

Petugas Bagian Informasi Pol Budiman, Kota Tasikmalaya, Cecep mengatakan, banyak penumpang yang belum terangkut. Hal ini terjadi karena dampak dari kemacetan arus balik Lebaran 2016. Sopir-sopir yang baru datang kelelahan dan butuh waktu untuk istirahat.

"Bis-bis datang terlambat, yang di sini kelelahan harus istirahat dulu," kata Cecep kepada Republika.co.id, Senin (11/7).

Ia menerangkan, saat musim arus balik saja terjadi penumpukan penumpang karena banyak yang belum terangkut. Bis yang berangkat dari Tasikmalaya ke Bandung membutuhkan waktu 12 jam. Sebab, arus lalulintas dari timur ke arah barat sangat macet.

Warga Sodong, Kabupaten Tasikmalaya, Eem (28 tahun) mengatakan, datang ke Pol Budiman pukul 07.00 WIB, tapi bis baru bisa berangkat pukul 18.00 WIB. Bisnya baru datang sore ini, jadi istirahat dulu sebelum berangkat lagi.

"Tujuan saya ke Tanggerang bersama anak dan suami menunggu bis dari pagi hingga sore," ujar Eem.

Warga Nagarawangi, Kota Tasikmalaya, Ajis (20) mengungkapkan, tidak tahu akan dapat bis pukul berapa. Saat bis datang, langsung dipenuhi penumpang jadi tidak kebagian tempat duduk.

Dikatakan Ajis, ia akan berangkat ke Cimahi, Bandung. Tapi, bis yang yang berangkat ke Bandung maupun ke Jakarta selalu penuh. Sampai saat ini belum kebagian bis.

"Sudah hampir dua jam lebih menunggu bis, klo bis datang langsung rebutan," jelas Ajis.

Sopir Bis Budiman, Toto Mulyano menerangkan, biasanya dari Tasikmalaya ke Cikarang, Bekasi membutuhkan waktu enam jam. Tapi, karena macet jadi terlambat satu hari. Keberangkatan bis biasanya terjebak macet di Rajapolah, Malangbong dan Pasar Limbangan.

"Mobil memang banyak tapi banyak yang terjebak macet," ujarnya.

Terpopuler