Puncak Arus Balik dari Semarang Sabtu

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko

Senin 11 Jul 2016 15:27 WIB

Tol Semarang-Ungaran-Bawean Foto: Antara Tol Semarang-Ungaran-Bawean

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Di gerbang tol Bawen, sejumlah kendaraan pribadi pemudik berpelat nomor Jakarta --sesekali-- masih terus melintas menuju arah Semarang. Meski begitu, volumenya sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan hari Sabtu dan Ahad kemarin.

Kabag Ops Satlantas Polres Semarang, Iptu Mudjiyono menyampaikan puncak arus balik para pemudik di wilayah hukum Polres Semarang berlangsung Sabtu. Kalau hari ini masih terlihat pergerakan arus balik, menurutnya merupakan para pemudik yang masih tersisa dan jumlahnya berangsur- angsur menurun.

Sehingga tidak mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas yang cukup berarti. "Pengalaman, macet parah di Brebes saat arus mudik, sudah mereka antisipasi saat arus balik," tandasnya. Meski begitu Polres Semarang mengimbau para pemudik untuk senantiasa berhati- hati selama melakukan perjalanan pulang kembali ke Jakarta dan kota lain di Jawa Barat.

Meski jalan raya relatif lebih lancar dan tidak sepadat pada puncak arus balik, keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya juga tetap harus diutamakan.

"Pergerakan arus balik diprediksi masih akan berlangsung hingga Senin malam ini, meski volume kendaraan relatif berkurang," tegasnya.

Terpopuler