Kakorlantas Pimpin Langsung Contraflow di Tol Cipali

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 10 Jul 2016 18:04 WIB

Rekayasa Lalu Lintas di Brebes Timur. Kendaraan pemudik menggunakan sistem contraflow di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (1/7). Foto: Republika/Wihdan Hidayat Rekayasa Lalu Lintas di Brebes Timur. Kendaraan pemudik menggunakan sistem contraflow di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (1/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto memimpin langsung pemberlakuan contraflow atau melawan arah, guna mengatasi kemacetan di KM 69 hingga KM 41 Tol Cipali arah Jakarta.

"Kita ingin memastikan upaya maksimalkan kelancaran pemudik kembali ke Jakarta," kata Irjen Polisi Budi Agung Maryoto di Jakarta, Ahad (10/7).

Agung mengatakan pemberlakuan melawan arah untuk mengatasi kemacetan arus balik yang terjadi pada KM 66-78 diakibatkan pertemuan kendaraan dari Cipali dan Cipularang.

Selain memberlakukan jalur lawan arah (contraflow), jenderal polisi bintang dua itu memerintahkan anggota menyisir kendaraan yang berhenti pada bahu jalan menggunakan sepeda motor.

Agung mengungkapkan para pemudik arus balik berhenti pada bahu jalan karena kelelahan dan ketiduran usai melakukan perjalanan cukup jauh. Mantan Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya itu mengaku menerima informasi masih banyak kendaraan pemudik belum kembali ke Jakarta melalui jalur tol Cipularang maupun Cipali.

Agung juga menyempatkan diri memantau arus balik menggunakan sepeda motor dan meninjau melalui jalur udara dengan menumpang helikopter.

Sebelumnya, petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat 771.374 kendaraan masuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya melalui Gerbang Tol Cikarang Utama, Karang Tengah dan Cibubur.

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan Kementerian Perhubungan RI memperkirakan puncak arus balik atau milir Lebaran 2016 akan terjadi pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7) malam.

Petugas memprediksikan pemudik arus balik dari arah Jawa Timur dan Jawa Tengah akan memadati Jalan Tol Cipali, Cikampek, arteri Pantura dan jalur selatan melintasi Nagreg, Jawa Barat, sedangkan arus balik dari Sumatra akan melewati Tol Merak-Jakarta.

Terpopuler