Penumpang KA Lokal Nikmati Kereta Gratis

Rep: christiyaningsih/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 10 Jul 2016 16:54 WIB

Kereta Api (ilustrasi) Foto: Wikipedia Kereta Api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Para penumpang kereta api lokal kini tengah menikmati perjalanan gratis. Kereta api Penataran jurusan Blitar-Surabaya yang beroperasi pada 8-12 Juli 2016 memungut biaya cuma-cuma selama arus balik Lebaran.

Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Suprapto, mengatakan setiap hari ada lima jadwal keberangkatan KA Penataran dari Stasiun Malang. "Fasilitas kereta gratis ini sebagai pelayanan kepada masyarakat selama Lebaran," katanya kepada Republika, Ahad (10/7).

Sebelumnya, perjalanan gratis ini juga diberlakukan pada KA Penataran jurusan Surabaya-Blitar saat arus mudik 1-5 Juli 2016 lalu. "Sekarang ganti rute sebaliknya yang digratiskan," jelas Suprapto.

Setiap gerbong mampu memuat 106 penumpang duduk dan 50 penumpang berdiri. Setiap rangkaian kereta terdiri atas lima gerbong. Sehingga, total penumpang yang diangkut dalam satu keberangkatan sekitar 780 penumpang. Pembelian tiket kereta, lanjutnya, dapat dipesan sejak sepekan sebelum keberangkatan.

Untuk menjaga keamanan, pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Stasiun Kota Baru Malang memperketat penjagaan. Total petugas keamanan yang disiagakan di stasiun sebanyak 33 personil terdiri atas anggota kepolisian, brimob, koramil, marinir, dan denpom.

Terpopuler