Arus Balik, Penumpang Berangkat dari Terminal Sukabumi Naik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah

Ahad 10 Jul 2016 15:39 WIB

Terminal Sukabumi Foto: Republika Terminal Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Sudirman Kota Sukabumi mengalami peningkatan Ahad (10/7). Banyak warga yang ingin kembali ke Jakarta untuk bisa beraktivitas pada Senin (11/7). Jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai ribuan orang

"Arus balik mencapai puncaknya pada Ahad siang hingga malam," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Sudirman Sukabumi Yuky Rahmat kepada Republika.co.id, Ahad (10/7).

Menurut Yuky, jumlah penumpang arus balik lebaran sudah terjadi sejak H+1 dan H+2 lebaran. Pada H+1 jumlah keberangkatan penumpang meningkat sekitar 25,44 persen dan H+2 mencapai 17,59 persen dibandingkan kondisi biasa.

Tujuan arus balik ungkap Yuky sebagian besar mengarah ke Jakarta seperti Kalideres dan daerah sekitarnya. Ia mengatakan jumlah penumpang arus balik dari Sukabumi biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan arus mudik.

Data Dishub Kota Sukabumi menyebutkan, pada arus mudik tahun ini disiapkan sebanyak 750 armada bus. Jumlah tersebut belum termasuk armada bus cadangan sekitar sepuluh persen.

Yuky menerangkan, hingga Ahad siang bus cadangan belum digunakan. Sebab armada bus yang tersedia masih bisa melayani penumpang arus balik. Meskipun bus dari Jakarta mengalami keterlambatan masuk terminal akibat kemacetan lalu lintas.

Terpopuler