Pelabuhan Padangbai Bali Juga Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Hari Ini

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 10 Jul 2016 10:18 WIB

Puluhan truk antri untuk diseberangkan ke Lombok di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (16/2). Jadwal penyeberangan kapal fery Bali-Lombok beberapa kali terpaksa ditunda akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan Selat Lombok. Foto: Antara Foto Puluhan truk antri untuk diseberangkan ke Lombok di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (16/2). Jadwal penyeberangan kapal fery Bali-Lombok beberapa kali terpaksa ditunda akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan Selat Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, memprediksi puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran.

"Kami prediksi pada hari Minggu ini atau H+3 Lebaran," kata Supervisor PT ASDP Padangbai, Karangasem, Rudi Susanto, Ahad (10/7).

Meski demikian dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya arus balik dari Lombok itu lonjakan tidak terlalu signifikan mengingat di Bumi Gora itu masih berlangsung Lebaran Ketupat hingga tujuh hari setelah hari raya.

Kondisi itu biasanya terjadi pada pemudik yang bekerja di sektor non-formal sedangkan pemudik yang bekerja kantoran mereka memilih balik pada Minggu ini sebagai hari terakhir cuti bersama.

Data posko setempat, pada H+2 Lebaran atau pada Sabtu (9/7) total penyeberangan yang dilakukan mencapai 24 kali penyeberangan dengan jumlah penumpang pejalan kaki mencapai 409 orang.

Sedangkan jumlah roda dua mencapai 648 unit, roda empat (407), bus (23), truk (59) dengan total penumpang mencapai 4.271 orang. Untuk total jumlah pemudik yang telah menyeberang ke Lombok maupun balik lagi ke Bali mulai H-7 Lebaran hingga H+2 Lebaran mencapai 48.479 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 3.854 orang di antaranya merupaka penumpang pejalan kaki. Untuk kendaraan roda dua mencapai 12.527 unit, roda empat (3.094), bus (186), trruk (3.094).

Sedangkan jumlah penyeberangan yang dilaksanakan selama periode itu mencapai 247 kali. ASDP Padangbai mengerahkan 29 kapal roro untuk penyeberangan Bali-Lombok.

Terpopuler