Polair Polda Banten Berfokus Amankan Pantai Anyer

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 10 Jul 2016 08:58 WIB

Jalur Anyer padat merayap Foto: Republika/Mg14 Jalur Anyer padat merayap

REPUBLIKA.CO.ID, ANYER -- Polisi Perairan Polda Banten memfokuskan pengamanan kawasan Pantai Anyer yang dipadati wisatawan dari berbagai daerah untuk mengisi liburan Lebaran 2016.

"Semua objek wisata Pantai Anyer dijaga keamanan oleh petugas guna mengantisipasi kecelakaan laut," kata Brigadir Anton Febiyanto saat dihubungi, Sabtu (9/7).

Petugas polair tersebut melakukan pengamanan pantai antara tiga sampai empat orang. Mereka terus melakukan pemantauan di sejumlah objek wisata kawasan pantai Anyer. Saat ini kawasan Pantai Anyer dipadati ribuan orang, di antaranya Pantai Tun, Mercusuar, Pasir Putih dan Karang Bolong,

"Kami akan bergerak cepat melakukan pertolongan jika wisatawan tersapu gelombang," katanya.

Menurut dia, pihaknya hingga kini tidak ditemukan wisatawan yang memadati kawasan objek wisata Pantai Anyer pascalebaran yang mengalami kecelakaan laut, seperti diterjang gelombang. Mereka petugas mengamankan dan mengawasi pergerakan wisatawan yang melakukan kegiatan berenang maupun selancar.

Saat ini cuaca pesisir pantai bagian barat Provinsi Banten cukup normal,sehingga tidak menimbulkan gelombang tinggi. Meskipun cuaca normal, pihaknya mengimbau wisatawan agar mewaspadai gelombang tinggi di sekitar Pantai Anyer.

"Kami selalu mewaspadai wisatawan tidak berenang ke tengah agar tidak tersapu ombak tinggi," katanya.

Sementara itu, sejumlah wisatawan Pantai Anyer mengaku mereka berani berenang di tepi pantai karena cuaca relatif normal dan tidak ada gelombang tinggi maupun angin kencang.

"Kami bersama keluarga berenang di sekitar pantai sambil bermain selancar yanmg ditarik oleh banana boat," kata Ujang (40 tahun), seorang wisatawan warga Serang.

Terpopuler