Pemudik Kembali Lewat Bakauheni Baru 26 Persen

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 09 Jul 2016 22:35 WIB

Ratusan calon pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ratusan calon pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA -- Arus kendaraan yang akan kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung terus meningkat pada Sabtu (7/9) malam. Kepadatan diprediksi akan terus terjadi mengingat pemudik yang kembali dari Sumatra baru 26 persen dari total jumlah pemudik.

Menurut data yang dihimpun PT ASDP Indonesia Ferry, pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Merak sebanyak 741.669 orang. Diprediksi masih ada sekitar 550.643 orang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan pantauan Republika, Pelabuhan Bakauheni terus dipadati pemudik. Antrean kendaraan di depan loket pembelian tiket tidak kurang dari 10 mobil. Meski begitu, arus kendaraan masih tergolong lancar masuk ke pelabuhan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat mengimbau agar pemudik feri yang menuju pelabuhan Merak tetap mempersiapkan perjalanan arus baliknya dengan baik mengingat saat puncak arus balik potensi terjadinya antrean sangat tinggi.

"Volume diperkirakan naik hingga dua kali lipat dari waktu normal, karena pemudik memaksimalkan waktu liburannya sebelum kembali secara bersamaan di akhir pekan ini untuk kembali beraktivitas pada Senin (11/7)," kata dia.

Terpopuler