Parkiran Bus Terminal Merak Dijadikan Area Tunggu Keberangkatan

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 09 Jul 2016 17:32 WIB

Bus angkutan antar provinsi menunggu penumpang di Terminal Bus Merak, Banten, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Bus angkutan antar provinsi menunggu penumpang di Terminal Bus Merak, Banten, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Area keberangkatan penumpang di Terminal Merak, Banten diperdekat untuk memberi kenyamanan pemudik. Area yang sebelumnya menjadi tempat parkir bus akan digunakan sebagai area tunggu keberangkatan.

"Saya ingin ubah karena penumpang harus jalan kaki. Justru area di sini (lokasi parkir bus) bisa langsung untuk naik bus," kata Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto, Sabtu (9/7).

Lokasi parkir bus di Terminal Merak memang lebih dekat dari arah Pelabuhan Merak. Upaya ini pun diharapkan bisa semakin meningkatkan kenyamanan pemudik. "Kalau bisa diusahakan ya lebih baik, kasihan penumpang agar tidak terlalu jauh," ujar mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu.

Upaya ini pun dilakukan sebelum masa puncak arus balik terjadi. Pudji mengatakan, berdasarkan data dari Pelabuhan Bakauheni, baru sekitar 50 persen pemudik kembali ke Jawa. "Kemungkinan puncak nanti malam hingga besok (Ahad)," kata Pudji.

Terpopuler