3 Gerbang Tol Merak akan Dibuka untuk Arah Jakarta-Tangerang

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini

Sabtu 09 Jul 2016 15:21 WIB

Pintu tol Merak, banten Foto: ROL/Sadly Rachman Pintu tol Merak, banten

REPUBLIKA.CO.ID,‎ CILEGON -- Puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada hari ini, Sabtu (9/7) dimana kepadatan lalu lintas kendaraan akan terjadi pada malam hari. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di gerbang Tol Merak, PT Marga Mandalasakti (MMS) telah menyiapkan sejumlah skema agar kendaraan yang melintas di area tol Merak-Jakarta tidak menumpuk.

Humas PT MMS Rawiah Hijjah mengatakan, penumpukan kendaraan akan terjadi di Cikuasa atas sebelum gerbang Tol Merak yang akan mengarah ke Tangerang dan Jakarta. Untuk itu dari lima gerbang yang ada di Tol Merak, PT MMS akan menyiasati dengan tiga pintu dibuka untuk arus balik.

"Hari-hari biasa kita buka dua gerbang untuk masuk dari Merak, sekarang kita akan buka tiga gerbang," ujar Rawiah, Sabtu (9/7).

Menurut Rawiah, untuk arus mudik memang pihaknya membuka hingga empat gerbang tol. Sebab kendaraan yang menuju pelabuhan datang bersamaan dengan jumlah yang sangat banyak dari Jakarta. Namun pada arus balik biasanya kendaraan tidak akan menumpuk karena kapal yang membawa mereka datang bergiliran sehingga tidak menumpuk secara langsung di dermaga.

Sementara, skema lain di tol Merak-Tangerang untuk antrean di Serang Timur akan dialihkan ke Gerbang Serang Barat dan Antrean Cilegon Timur akan di arahkan ke Cilegon Barat‎.

Terpopuler