Puncak Arus Balik Kereta Api pada H+3 Lebaran

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ilham

Sabtu 09 Jul 2016 14:04 WIB

Mudik kereta api (ilustrasi) Mudik kereta api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senior Manajer Humas PT KAI Daops I, Bambang S Prayitno mengatakan, puncak arus balik Idul Fitri 1437 hijriah diprediksi terjadi pada H+3 , Ahad (11/7). Penumpang kereta api diimbau lebih berhati-hati ketika sampai di Jakarta pada malam hari.

"Sebetulnya yang dikatakan puncak tidak ada, karena setiap hari operasional kereta api dan volume penumpang normal. Namun, pada Ahad diperkirakan terjadi peningkatan karena sudah selang sehari sebelum masyarakat kembali bekerja," ujar Bambang kepada Republika.co.id, Sabtu (9/7).

Arus balik, lanjutnya, diperkirakan tetap berlangsung hingga Ahad (17/7) pekan depan. Bahkan, menurut Bambang, masih ada masyarakat yang hingga saat ini berangkat mudik lebaran menggunakan kereta api.

Karena itu, pihaknya menyarankan agar penumpang berhati-hati saat berada di stasiun atau selama perjalanan kereta api. "Utamanya bagi yang mempuh arus balik dan tiba di Jakarta pada malam hari. Sebaiknya sudah memberitahukan kepada keluarga atau teman untuk menjemput. Sebab, risiko kejahatan baik copet, atau penipuan perlu diwaspadai," kata Bambang.

Terpopuler