Pelni Siapkan Tiga Kapal Layani Arus Balik di Biak

Red: Nidia Zuraya

Sabtu 09 Jul 2016 08:01 WIB

Kapal Motor (KM) Lambelu milik PT Pelni Foto: Antara/Izaac Mulyawan Kapal Motor (KM) Lambelu milik PT Pelni

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua melalui PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan tiga kapal penumpang untuk melayani arus balik Lebaran 2016 dari pelabuhan laut Biak selama bulan Juli 2016.

Informasi dari Dinas Perhubungan Biak, Sabtu (9/7), tiga kapal milik Pelni akan melayani ribuan pemudik arus balik Lebaran di pelabuhan laut Biak, di antaranya KM Sinabung, KM Ciremai, dan KM Nggapulu.

Pada keberangkatan arus balik Lebaran KM Sinabung akan melayani rute Biak-Manokwari-Sorong-Bacan-Ternate-Bitung-Banggai-Baubau-Makassar dan Surabaya. Sedangkan keberangkatan KM Nggapulu tujuan Biak-Jayapura dan tujuan Biak-Serui-Nabire-Manokwari-Sorong-Fakfak-Ambon-Baubau-Makassar-Pare-Pare dan Surabaya.

Kemudian rute keberangkatan KM Ciremai tujuan Biak-Manokwari-Sorong-Baubau-Makassar-Surabaya dan Tanjung Priok Jakarta.

Kepala Dishub Biak Numfor Otto Ph Wainggai mengatakan, tiga kapal Pelni itu bersiaga melayani arus balik lebaran sesuai dengan jadwal keberangkatan dengan tujuan ke berbagai rute.

"Tiga kapal Pelni itu akan melayani kebutuhan angkutan arus balik Lebaran tujuan Biak-Jayapura dan Biak arah barat Makassar, Surabaya dan Jakarta," katanya lagi.

Pelayanan angkutan balik lebaran antarkabupaten rute Biak ke Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat akan dilayani kapal feri milik PT ASDP dan KM Papua Lima. Hingga Sabtu (9/7), antrean pembelian tiket arus balik lebaran di kantor Pelni sudah ramai sejak H+3 mulai dipadati penumpang yang akan balik usai mudik Lebaran 2016 ke Jayapura dan arah barat seperti Makassar, Surabaya, dan Jakarta serta beberapa kota di wilayah timur Indonesia.